Wisata Artikel Utama

Menyusuri Keindahan Sungai Bawah Tanah di Goa Kalisuci

11 September 2017   21:14 Diperbarui: 12 September 2017   05:42 2789 3 1
Menyusuri Keindahan Sungai Bawah Tanah di Goa Kalisuci
Cavetubing di Kalisuci lebih asik bersama teman-teman

Ada istilah bekerja bisa di pulau Alor sambil bercelana kolor. Kalimat ini tak asing ditelinga kita seperti dalam sebuah iklan di televisi. Seperti halnya yang dilakukan tim KUPT OP Daop 6 PT KAI (Persero), guna meningkatkan produktivitas kerja, brainstorming dan penyegaran perlu dilakukan. 

Penyegaran dikemas dalam kegiatan employee gatheringyang diikuti oleh seluruh KUPT OP Daop 6 PT KAI (Persero). Kesolidan team work menjadi salah satu target yang ingin dicapai oleh divisi SDM.

Gathering diawali dengan kegiatan pembinaan dan dilanjutkan dengan petualangan cave tubing (menyusuri goa menggunakan ban dalam) di Goa Kalisuci, Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, jelas Deputy Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta, Ida Hidayati selesai kegiatan, (11/9/2017).

Asiknya cave tubing di Kalisuci
Asiknya cave tubing di Kalisuci
Menurut Ida, kita harus bangga dengan kekayaan alam Indonesia. Negeri kita memiliki berjuta pesona alam yang tak kalah eloknya. Salah satunya adalah  pegunungan kars yang menyimpan banyak destinasi wisata tersembunyi di dalam tanah. Tak kalah dengan Goa Pindul yang terkenal, kawasan wisata Kalisuci yang terletak di Semanu, Gunungkidul merupakan salah satu kawasan Ekokarts yang telah dilindungi dan diusulkan oleh International Union Speleology (IUS) pada tahun 1993.

Abadikan momen di Kalisuci untuk berbagi cerita
Abadikan momen di Kalisuci untuk berbagi cerita
Petualangan seru cave tubing di Kalisuci perlu anda coba, rasakanlah sensasinya. Hamparan pahatan stalaktit dan stalakmit sepanjang goa menjadi salah satu daya tarik di Kalisuci. Selain jernih airnya, arus sungai tidak terlau deras sehingga kita sangat nyaman ber-cave tubing. Hijau tumbuhanpun juga meronai setiap sisi-sisi tebing kars yang tampak kokoh. 

Petualangan semakin asik bila cave tubing dilakukan secara rombongan atau tim. Berbekal jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut, pengaman kaki dan ban yang sudah disiapkan pengelola objek wisata, para petualang sudah dapat menyusuri setiap relung goa didampingi oleh pemandu.

Kalisuci tempat ber-cavetubing yang harus kamu coba
Kalisuci tempat ber-cavetubing yang harus kamu coba
Kira-kira satu setengah jam waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan petualangan di Kalisuci. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen seru kalian saat berpetualang disini dan sampaikan cerita menarik kalian kepada dunia. Kesimpulannya, benar kata penyair, sebelum mengenal orang lain, kenalilah diri kita sendiri. 

Sebelum kita pergi ke negeri seberang, lebih baik kenali dulu negeri sendiri. Tak perlu pergi jauh menikmati ekokarst. Keindahan alam Indonesia tidak kalah eloknya dibandingkan tempat wisata ekokarts di belahan bumi manapun. Setyawan