Mohon tunggu...
Heri Setiawan
Heri Setiawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Conten Writer

Menulis jadi salah satu jalan ninjaku.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ternyata, Servis Macbook Pro Tidak Harus Selalu Mahal

23 September 2022   10:34 Diperbarui: 23 September 2022   10:44 118 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Rasanya sudah menjadi rahasia umum, bahwa berbagai produk perusahaan dengan logo berbentuk buah apel digigit ini dikenal mahal. Tidak heran, hampir semua produk Apple mulai dari HP, laptop, tablet, smartwatch, monitor hingga PC atau Macbook, selalu punya banderol harga yang premium melebihi brand lain.

Hal ini juga berlaku untuk perbaikan atau perawatan produk Apple yang itu disebabkan oleh software ataupun hardware. Tentunya hal itu akan sangat menjengkelkan dan mengganggu. Dimana, produk tersebut sering digunakan sehari-hari. Entah itu untuk bekerja, keperluan tugas kuliah dan untuk keperluan lainnya yang sangat penting bagi aktivitas sehari-hari.

Sehingga jika salah satu produk Apple yang digunakan mengalami masalah, hal ini bisa menjadi beban pikiran tersendiri dan butuh waktu lebih untuk menyelesaikannya.Seperti yang pernah saya alamin dan rasakan sendiri saat Macbook yang saya gunakan mengalami masalah.

Masalah di Layar Macbook

Saya memiliki sebuah Macbook Pro Touch Bar tahun 2019 dan mengalami masalah pada layarnya. Masalah yang saya alami saat menggunakan Macbook ini ialah ketika layar dimiringkan atau dibuka sedikit kira-kira sekitar 45 derajat, layar Macbook Pro ini masih menyala, namun jika dibuka sampai 90 derajat, maka layarnya akan mati atau gelap.

Hal ini membuat saya panik dan tentunya pusing. Bagaimana tidak, seperti yang saya ketahui bahwa perbaikan terhadap Macbook ini tentunya mahal. Hal ini sudah saya coba buktikan, dengan mendatangi berbagai tempat service laptop atau Macbook yang ada di Kota Bandung tempat saya tinggal. Kurang lebih sudah empat tempat yang saya kunjungi untuk mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan.

Namun, rata-rata ke empat tempat yang saya kunjungi tersebut memperkirakan saya harus  mengeluarkan biaya perbaikan kurang lebih 13 Juta Rupiah untuk penggantian LCD Macbook ini. Mengingat 13 Juta Rupiah bagi saya bukanlah uang yang sedikit, dan hal ini semakin menegaskan untuk saya pribadi bahwa biaya untuk memperbaiki Macbook memang tidaklah murah.

Mulai dari Ringan 

Setelah mengunjungi beberapa tempat service Macbook, saya mencoba kembali mencari tempat lainnya yang sekiranya bisa menawarkan perbandingan harga yang lebih murah dibanding sebelumnya. Saya menemukan sebuah tempat service laptop atau gadget dengan nama Bang Amin Gedget yang berada di daerah Jalan Cikutra, Kota Bandung.

Kemudian saya datang dan disambut dengan ramah oleh pekerja di tempat ini serta menyampaikan keluhan terkait masalah pada layar Macbook. Berbeda dengan tempat service sebelumnya, setelah mengetahui secara detail tentang kerusakan pada Macbook ini, Bang Amin Gedget menawarkan pilihan perbaikan untuk Macbook saya dengan nama Prosedur Mulai dari Ringan.

Memang, jika harus melakukan penggantian LCD Macbook, pihak Bang Amin Gedget juga mamatok harga yang sama dengan tempat service sebelumnya. Namun, tanpa langsung memutuskan untuk langsung mengganti LCD, menariknya tempat ini terlebih dahulu menawarkan prosedur perbaikan Mulai dari Ringan untuk memperbaiki Macbook ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan