Mohon tunggu...
Yusi Nur Apriyani
Yusi Nur Apriyani Mohon Tunggu...

Pelajar SMA di daerah Purwakarta, Jawa Barat

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Semua pasti Ada Gunanya

25 Maret 2011   06:19 Diperbarui: 26 Juni 2015   07:27 5181 0 1 Mohon Tunggu...

Mengutip salah satu ayat Surah Sad 38: 27


"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi, dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah."


Dan di Al-Qur'an pun jelas tertulis bahwa semua yang Allah ciptakan itu punya manfaat. Semua yang Allah ciptakan itu ga ada yang sia-sia. Sekalipun itu lalat yang bawa-bawa penyakit, nyamuk yang sering buat badan bentol, tikus yang menjijikan, dan semua zat yang sering kita pandang sebelah mata. Semua ada manfaatnya, ambil contoh tikus. Tikus menjijikan -itu emang bener sih, tapi bukan berarti tikus ga ada manfaatnya, pernahkan belajar biologi tentang rantai makanan?! Tikus kan jadi salah satu konsumennya, kalo tikus ga ada, rantai makanannya bakal berantakan dan binatang-binatang lain bakal mati kelaperan gara-gara satu rantainya ilang. Jadi tikus juga bermanfaat buat binatang-binatang yang lain, ataupun makhluk-makhluk lainnya.
Tapi sekarang ini saya bukan mau ngebahas tentang tikus, lalat, ataupun nyamuk. Saya cuma mau ngebahas tentang kita. Ya kita, manusia. Kita kan juga salah satu makhluk yang Allah ciptakan yang ada diantara langit dan bumi. Yang menginjakkan kaki kita di atas tanah negeri, karena adanya gaya gravitasi. Kita, manusia, makhluk yang begitu sempurna, makhluk terbaik yang Allah ciptakan. Karena kita diberi hati, nafsu, dan akal.
Lihat, begitu istimewanya kita. Allah menciptakan malaikat tanpa nafsu, sedangkan kita mempunyainya. Allah menciptakan hewan tanpa akal, sedangkan kita punya. Oleh karena itulah kita harus bersyukur diciptakan sebagai manusia.
Melanjutkan ayat yang tadi.


"Yang demikian itu adalah tanggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka."


Nah. See? Kebanyakan orang sekarang suka ga menyadari kalau dirinya itu emang istimewa. Banyak orang ga menyadari kalau semua yang Allah ciptakan itu semua ada manfaatnya. Ya pikir aja, lalat, tikus juga bermanfaat apalagi kita sebagai manusia. Kalau gitu, pastilah setiap orang berguna. Tapi sering banget denger orang-orang bilang, 'gue udah ga guna hidup lagi juga, mendingan mati aja.' Nah, mirisnya lagi kalau yang bilang gitu orang yang muslim. Ngga sadar apa kandungan ayat diatas. Kalau orang yang ga percaya bahwa dirinya itu ga ada gunanya, berarti dia kafir, kalau kafir ya masuk neraka. Mungkin itu kali ya alasan kenapa orang bunuh diri dikategorikan masuk neraka, yang artinya dia ga ngehargain dirinya sendiri yang masih berguna buat orang banyak, dan malah memilih buat mati dan masuk neraka. *sigh* miris banget ya...
Jadi intinya, jangan pernah berpikir kalau kita itu ga ada gunanya.
Saya yakin, pasti ada sesuatu hal yang bisa kita kerjakan dan bermanfaat walau cuma buat satu semut kecil aja.
Ya seenggaknya kita ga kalah lah sama lalat atau tikus. Kan kita juga berguna.
Keep Positif ya.
(karena pikiran yang positif selalu membawa diri ke arah yang positif)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x