Mohon tunggu...
Uci Anwar
Uci Anwar Mohon Tunggu... Penulis

Karena Hidup Harus Bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Mencoba Bus Online Gratis, Rute Jakarta-Tangerang Selatan

15 Januari 2020   17:34 Diperbarui: 16 Januari 2020   05:48 467 6 3 Mohon Tunggu...
Mencoba Bus Online Gratis, Rute Jakarta-Tangerang Selatan
dokumen pribadi

Terbetik kabar, ada bus gratis rute Jakarta-Tangerang Selatan. Bukan hanya kata "gratis" pesona dari kabar ini. Rute baru moda transportasi selalu berhasil menumbuhkan adrenalin para anggota Komunitas Pemangku alias Pemakai Angkutan Umum Jakarta. 

Beberapa anggota sepakat berhimpun pada Selasa, 14 Januari 2020 lalu. Titik kumpul di Stasiun MRT Lebak Bulus, tepat di depan lift MRT jalan R.A Kartini Lebak Bulus, pukul 09.00 pagi.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Lama menunggu, bus yang dimaksud belum datang juga. Rochadi, salah satu anggota yang sudah menunggu lebih dari satu jam di sana, menyatakan bahwa bus "Glad", demikian nama bus baru tersebut, sudah lewat sekitar 45 menit sebelumnya. 

Untuk meyakinkan kebenaran akan kemunculan bus ini, salah seorang anggota Pemangku, Ratna Budi Utari berbincang dengan seorang perempuan, yang sama-sama tengah menunggu bus di sana. 

Surjani Taniara, perempuan pekerja di daerah perkantoran jalan Jendral Sudirman Jakarta tersebut agak bingung. "Lho, saya sendiri baru tau ada bis rute baru Jakarta Tangerang Selatan," katanya.

Ia berusaha menanyakan hal tersebut pada rekan prianya. Dan dijawab anggukan. "Tapi pesannya harus online," kata rekannya tersebut.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Ketua Pemangku, Iwan BSU, juga baru menyadari ketentuan tersebut. Namun bukan Komunitas Pemangku kalau langsung menyerah saat itu juga. Beberapa anggota mulai meng-install aplikasi bus terkait, saat sebuah bus bagus datang ke halte tersebut.

Setelah menanyakan aturan main ke sang kondektur, Iwan memberi tanda, agar semua anggota menaiki bis tersebut.

Bus berinterior dominasi warna oranye ini sungguh keren. Wangi barang baru. Dengan sopan sang kondektur Agus Ismail, mempersilahkan tujuh anggota Pemangku memilih kursi yang diminati. Karena kosong, masing-masing anggota bebas memilih kursi. 

Dikendarai sopir bus bernama bagus, Reza Purnama Alam, bus meluncur masuk dalam tol dengan mulus, tak terkendala kemacetan.

"Iya, saya sudah biasa membawa bus. Sebelumnya nyupir busway (TransJakarta)," kata Reza.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN