Mohon tunggu...
Tyaswinanti
Tyaswinanti Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

pencari ilmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lomba Senam Pelajar Pancasila SDN Kebon Pala 03 Pagi

30 September 2022   13:18 Diperbarui: 30 September 2022   13:28 539 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar sahabat? Semoga di hari Jumat ini sahabat selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamiin... Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah bagi junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.  

Kali ini penulis akan membagikan kegiatan lomba senam profil pelajar Pancasila yang diselenggarakan oleh SDN Kebon Pala 03 Pagi. SDN Kebon Pala 03 Pagi adalah salah satu sekolah penggerak di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Sekolah ini dipimpin oleh Kepala Sekolah Penggerak dari SDN Kebon Pala 03 Pagi, Ibu Hj. Erna Yuliastuti, M.Pd. atau yang biasa disapa dengan Ibu Hj. Erna. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 30 September 2022. Senam profil pelajar Pancasila diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada tahun pelajaran 2022/2023 SDN Kebon Pala 03 Pagi.

Kegiatan dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh bapak Sarwata, S.Pd.I. Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Kepala SDN Kebon Pala 03 Pagi, ibu Hj. Erna Yuliastuti, M.Pd. Dalam sambutannya, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ibu Hj. Erna. Beliau mengatakan bahwa hari ini SDN Kebon Pala 03 Pagi dapat melaksanakan kegiatan class meeting, yaitu berupa lomba senam pelajar Pancasila antar kelas. Kegiatan lomba ini dilaksanakan setelah satu minggu lamanya peserta didik melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. 

Bu Hj. Erna juga menyampaikan bahwa kegiatan class meeting lomba senam pelajar Pancasila SDN Kebon Pala 03 Pagi bertujuan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Diharapkan, melalui kegiatan lomba ini kreativitas dan semangat kolaborasi peserta didik di lingkungan SDN Kebon Pala 03 Pagi Kecamatan Makasar Jakarta Timur dapat terbangun dengan baik.

Sebagai sekolah penggerak, SDN Kebon Pala 03 Pagi berupaya memberikan sebanyak mungkin kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat, minat, dan potensi bagi putra putri peserta didik kebanggaan SDN Kebon Pala 03 Pagi. Seluruh peserta lomba diberi kebebasan berkreasi dalam senam tersebut. Kreasi gerakan memasukkan enam dimensi profil pelajar Pancasila, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ibu Hj. Erna berpesan, bahwa tidak ada kata kalah dalam pertandingan. Hanya ada menang dan sedang belajar. Beliau juga menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap wali murid kelas 1 sampai dengan kelas 6 SDN Kebon Pala 03 Pagi yang telah mensupport dan mendukung kegiatan lomba ini.

Adapun dewan juri yang diambil dari kegiatan ini berasal dari sekolah lain, yaitu Pak Andri dari SDN Kebon Pala 01 Pagi dan Pak Rizaldi dari SDN Kebon Pala 09.

Penampilan pertama dalam kegiatan lomba senam pelajar Pancasila hari ini adalah kelas 2A, dilanjutkan dengan penampilan dari kelas 4A, kelas 2B dan seterusnya sampai 12 kelas. Masing-masing kelas menampilkan penampilan terbaiknya, baik dari segi kostum yang mencerminkan keberagaman budaya Indonesia maupun kreativitas lain. Ada yang menampilkan yel-yel, tarian, maupun aneka tepuk, termasuk di dalamnya Tepuk Pelajar Pancasila. Mereka semua tampil maksimal , kompak, dan penuh percaya diri.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan hari ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan