Mohon tunggu...
Aditya Octaviana
Aditya Octaviana Mohon Tunggu... Penulis - Fulltime learner, part-time dreamer.

Hope for the best, but expect less

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Dilema Menabung di Bank dengan Suku Bunga 0 Persen

22 September 2022   08:41 Diperbarui: 22 September 2022   08:43 121 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Freepik.com 

Belakangan ini, menabung di bank sedang marak diperbincangkan khalayak umum. Bagaimana tidak? Bank yang menjadi tempat teraman sekaligus menjamin simpanan uang kita selama ini, kini terdengar kabar bahwa suku bunga menabung di bank sudah mencapai angka 0%. Lalu, apa dampaknya untuk kondisi keuangan kita? 

Kita pasti tahu betul bahwa menabung di bank terdapat biaya administrasi yang harus dipotong dari jumlah uang tabungan. Dengan adanya kebijakan suku bunga 0% ini, artinya uang akan terkikis oleh biaya administrasi tanpa adanya bunga dari bank. Lalu, apa yang sebaiknya masyarakat lakukan dengan kondisi seperti ini? 

Satu kata yang terucap, dilema! Dilema karena tempat yang pernah menjanjikan suku bunga sekian persen. Kini, janji tinggalah janji. Masyarakat akan semakin tergerus karena kebijakan potongan biaya administrasi setiap bulannya tanpa ada suku bunga. Lalu, dimana tempat terbaik menabung untuk masyarakat?

Nah, pernahkan kamu mencoba investasi? Lalu, apa manfaatnya investasi bagi masyarakat Indonesia? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak langsung di bawah ini!

1. Investasi Dapat Mengamankan Asetmu 

Investasi memang nyatanya bisa mengamankan asetmu dari peningkatan inflasi. Mengapa? Karena investasi memiliki risiko profil high risk, high return jadi keuntungan yang diberikan relatif besar dibandingkan dengan laju inflasi. Nah, sudah siap untuk investasi dan amankan aset?

2. Investasi Mampu Mendatangkan Keuntungan Lebih Besar daripada Menabung di Bank

Seperti pada poin sebelumnya, keuntungan yang diberikan dari investasi terutama saham dan reksa dana lebih besar dari bunga bank dan laju inflasi. Bisa dibilang, investasi saham dan reksa dana adalah instrumen paling tepat untuk kamu yang ingin menjaga uang dan menghasilkan passive income. 

3. Memperbesar Kemungkinan Merangkai Masa Depan Indah 

Dengan kondisi keuangan yang stabil berkat investasi, kamu jadi lebih mudah menyusun rencana untuk masa depan. Kita pasti tahu betul kalau masa depan yang indah membutuhkan perhitungan dan proses, termasuk dalam hal keuangan. Jadi, pergunakan uang yang didapat sebaik mungkin dan investasi dari sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan