Mohon tunggu...
ANIK TWIN
ANIK TWIN Mohon Tunggu... Guru SD dan Pengelola PAUD

membuka cakrawala dengan budaya literasi

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Rasamu Itu Kangenku...

10 Oktober 2017   08:48 Diperbarui: 10 Oktober 2017   09:08 810 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rasamu Itu Kangenku...
sumber: dok.pribadi

Ragam kuliner kali ini ..."BOTHOK" ... Pertama kami mengenal resep masakan ini dari bunda tercinta, masakan rumahan yang sesekali waktu menghiasi meja makan keluarga menyambut kepulangan Bapak dari kantor dan anak - anaknya. Ibuk memang terampil memasak, sebagai istri PNS, ibuk fokus dengan keluarga sebagai ibu rumah tangga. Keterampilan merangkai bumbu - bumbu dapur sehingga menjadikan cita rasa masakan yang dimiliki ibuk selama ini, tanpa disadari menurun kepada anak - anaknya, diantara saya sebagai anak perempuannya. Ini bukti pembenaran peribahasa " Buah Jatuh Nggak Jauh Dari Pohon". 

"BOTHOK" adalah salah satu ragam kuliner yang bisa dicoba para ibu di rumah untuk variasi menu keluarga. Saya kurang begitu tahu asal daerahragam kuliner bothok ini, namun sejauh ini di Blitar ataupun di Solo, ragam kuliner bothok masih bisa kita jumpai. Rasanya yang khas membuat kangen bagi penyukanya. Nasi hangat adalah teman yang cocok banget untuk menyantap cita rasa "Bothok".

Resep khas "Bothok" itu intinya cuma parutan kelapa muda dibumbui dengan beberapa bumbu dapur saja. Namun yang membuat beda setiap cita rasanya adalah variasi isi bothok itu. Variasinya, bumbu parutan kelapa muda itu bisa di isi, kemangi boleh, teri boleh, pindang boleh, petai cina p boleh, lombok ijo juga oke. Berikut Resep "BOTHOK" warisan dari ibuk saya ....

RESEP 

- 1 kelapa muda yang diparut

- daun pisang untuk membungkus

- tusuk gigi

BUMBU 

- 5 bawang putih

- 5 cabe rawit (sesuaikan selera)

- garam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x