Mohon tunggu...
ANIK TWIN
ANIK TWIN Mohon Tunggu... Guru - Guru SD dan Pengelola PAUD

membuka cakrawala dengan budaya literasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kekuatan Sebuah Tulisan

22 September 2017   16:24 Diperbarui: 22 September 2017   16:31 753
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kekuatan Sebuah Tulisan

Alhamdulillah ... Rasa syukur yang tiada tara saya panjatkan kepada Allah SWT karena pada akhirnya saya bisa memperoleh Bea Siswa LPDP Tesis Tahun 2017. Saya bangga, karena orang - orang terpilihlah yang telah ditetapkan oleh LPDP yang layak mendapatkan penghargaan tersebut. Maka dari itu saya berharap semoga tulisan saya kali ini dapat menjadikan inspirasi bagi para pemburu Beasiswa khususnya Beasiswa LPDP. 

Bea Siswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui
pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP. Sasaran Pendaftar Bea Siswa Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara
Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya. 

Beasiswa Tesis adalah bantuan pembiayaan penelitian unggulan dan/atau prioritas pemerintah pada tesis untuk program magister berbasis-riset (research based) yang berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi nasional dalam rangka tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas, produktif dan berdaya saing serta diberikan dalam rangka penyelesaian studi. LPDP

Berikut essay saya yang mengantarkan saya sehingga menjadi salah satu awarde LPDP

Pendidikan merupakan salah satu ujung tombak suatu bangsa dalam mencapai cita -- cita. Dengan pendidikan suatu bangsa memiliki kekuatan dalam bersaing mengikuti era perkembangan jaman. Knowledge is power, begitulah apa yang disampaikan oleh ilmuwan Socrates, dengan ilmu pengetahuan, kita akan memiliki kekuatan, baik kekuatan spritual maupun material. Dengan ilmu pengetahuan kita memiliki kekuatan, dan ilmu pengetahuan tersebut dapat kita dapatkan jika kita mau belajar, dan belajar adalah salah satu dari komponen pendidikan. Kesimpulannya antara pendidikan dan ilmu pengetahuan merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Dunia pendidikan bagi saya saat ini laksana darah yang senantiasa mengalir di jiwa raga saya, karena pendidikan senantiasa mengisi hari -- hari saya. Sebagai Guru Sekolah Dasar saya perlu mengembangkan diri, yang pada akhir saya berharap hasil belajar saya tidak hanya bermanfaat bagi saya sendiri namun dapat bermanfaat bagi peserta didik serta bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Hal inilah yang membuat saya memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan di program studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sebelas Maret. Harapan saya dengan mengembangkan diri dengan melanjutkan studi, saya memiliki sebuah kekuatan dalam berkontribusi di dunia pendidikan ini.

Saya menyukai dunia pendidikan dan saya menyukai dunia anak -- anak. Selain itu saya juga menyukai dunia literasi. Kontribusi saya dalam mengabdikan diri terhadap masyarakat saat ini saya merintis sebuah POS PAUD. POS PAUD adalah layanan pendidikan anak usia dini yang bekerjasama dengan posyandu kelurahan/desa setempat. POS PAUD disini bersifat nirlaba yang berorientasi pada memenuhi kebutuhan akan pendidikan anak -- anak usia dini yang kurang mampu sehingga mendapatkan pendidikan murah dan berkualitas.

Saya merintis POS PAUD ini bekerjasama dengan pihak kelurahan/ desa dan Dinas Pendidikan daerah setempat. Disini saya sebagai pengelola penyedia layanan POS PAUD. Dalam operasional POS PAUD saya bekerja sama dengan Bunda PAUD. Bunda PAUD adalah pengajar POS PAUD yang memiliki kualifikasi pendidikan sesuai bidangnya. Selama ini operasional dari POS PAUD kami berasal dari para sponsor dan donatur sehingga para peserta didik kami tidak dipungut biaya. Alhamdulilah, berkat dukungan dan pastisipasi masyarakat POS PAUD kami kian berkembang.

Saat ini saya memasuki semester 5, sehingga saat ini saya masih disibukkan dengan penyelesaian tesis. Jangka waktu penyelesaian tesis yang relatif lama, bukan semata -- mata karena saya malas, karena saya selain kuliah saya juga bekerja. Kebetulan saya mengambil penelitian tesis berbasis penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan yang saya kembangkan adalah pengembangan buku bahan ajar berupa buku teks berbasis modul. Alasan saya memilih penelitian pengembangan dengan mengembangkan buku bahan ajar, saya berharap hasil produk saya nanti dapat berkontribusi pada penyediaan buku bahan ajar sehingga menambah koleksi buku sumber belajar khususnya bagi peserta didik.

Harapan saya dengan mengambil penelitian pengembangan dan menghasilkan produk buku berupa bahan ajar, saya berharap suatu hari saya dapat bergabung dalam tim penyusun buku pusat perbukuan nasional yang dikelola oleh pemerintah, yang mana selama ini sebagai fasilitator dalam penyedia sumber belajar berupa bahan ajar buku teks sekolah yang dapat diunduh oleh kalayak umum sebagai pemenuhan sarana belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun