Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Langkah Kecil untuk Tetap Termotivasi

16 November 2022   07:05 Diperbarui: 16 November 2022   07:14 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Shad0wfall / 73 images/ pixabay. com

Langkah kecil untuk tetap termotivasi
Termotivasi, Memotivasi atau Dimotivasi, mana kira- kira yang tepat untuk kita mulai soal perjalanan hidup agar bertemu dengan kata sukses. Sekalipun sukses dinilai dalam berbagai hal, akan tetapi mengatakan sukses dalam hidup yang sebenarnya, apakah perlu untuk menanamkan sikap agar selalu termotivasi menajalani setiap perubahan waktu sehari- hari.


Coba kita simak pengertian berikut ;


Motivasi merupakan proses yang menjelaskan intensitas arah dan ketekunan individu dalam mencapai sebuah tujuan. Dari pengertian tadi, kita dapat menyimpulkan juga bahwa hadirnya sebuah motivasi dapat didasari oleh sebuah keinginan dan usaha untuk meraih sesuatu yang diharapkan.


Ketika sudah memiliki suatu keinginan, sekalipun terkadang keinginan itu tidak selamanya dapat terealisasi sesuai harapan, akan tetapi ada baiknya untuk tetap menanamkan motivasi dalam diri, sehingga semangat untuk bangkit itu selalu ada .


Guna menunbuhkan sikap termotivasi, kita akan coba melangkah pada tips atau kiat- kiat yang sekiranya akan mempermudah diri dalam membiasakan tertanam sikap termotivasi, apa saja yang bisa kita lakukan ?


Hal- hal kecil untuk mengawali untuk mendorong sikap termotivasi, bisa datang dari seseorang yang paling dekat dengan kita, orangtua, pasangan hidup, teman, sahabat, atau dari anak kita sendiri. Adanya dukungan dan sebuah harapan yang timbul serta mendorong peran kita untuk mewujudkan harapan itu, tentunya akan dibarengi dengan sikap termotivasi.


Kekuatan mereka adalah sebuah energi agar kita tetap bersemangat sekalipun dalam keadaan terpuruk. Libatkan mereka dalam sebuah tujuan yang ingin kita capai.


Selanjutnya adalah bagaimana kita menikmati setiap perjalanan dari perjuangan yang telah kita lakukan. Sekecil apapun pencapaian yang trlah kita raih, lakukanlah semacam pengakuan atau merayakan sebuah pencapaian dengan tetap mengedepankan semangat untuk berbenah kedepan.


Ungkapan syukur terbesar dalam hidup tidak akan terlepas dari apa yang telah kita lalui sebelumnya. Memenangkan setiap masalah yang dihadapi dan dapat diselesaikan tanpa adanya dasar ego merupakan simbol bahwa kita tetap termotivasi untuk bergerak / belajar dan berupaya dalam merencakan tujuan selanjutnya.

Jangan lupa ketika nilai kemenangan atau pencapaian telah diraih, berikan sebuah pengharagaan terhadap diri sendiri atau selft reward sebagai bentuk terimakasih atas waktu, tenaga dan pemikiran yang telah dapat kita lalui selama merencanakan, menjalani dan meraih sebuah tujuan. Tidak harus dengan sesuatu yang mewah, mungkin saja bisa kita lakukan seperti menonton pertandingan sepak bola, jalan- jalan ke mall,makan dengan orang- orang terdekat, menonton konser musik atau refreshing ke tempat- tempat wisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun