Mohon tunggu...
Tu Yuda
Tu Yuda Mohon Tunggu... Petani - Belajar adalah sebuah proses perjalanan

ijinkan saya untuk belajar dan jangan lupa dipandu demi kebaikan bersama

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Jika Membaca Memberikan Manfaat, Mengapa Tidak Kita Lakukan?

16 Juli 2022   08:32 Diperbarui: 16 Juli 2022   08:33 127 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi : NWimagesbySabrinaEickhoff / 396 images/ pixabay. com

Curhat


Tidak jauh dari dunia literasi. Mungkin kalau kita mengatakan literasi tentu cakupannya luas, bukan soal membaca atau menulis saja, begitu juga bukan soal suka membaca dan pasti suka menulis.


Tetapi yang ingin saya curhat kan saat ini, apa sih yang membuat seseorang malas melakukan aktivitas atau menumbuhkan kegemaran membaca ? Maaf jika kurang berkenan. 


Soal membaca buku, bagi mereka yang memang memiliki kebiasaan atau sebuah hobi membaca tentu pertanyaan ini terdengar biasa saja, dan tidak masuk akal menanyakan mengapa suka membaca. 

Tetapi bagi sebagian orang yang memang kenyataannya tidak suka melakukan hal ini, tentunya akan mendapat tanggapan beragam ya sahabat.


Jauh lagi curhatnya, pemenuhan informasi berupa buku bacaan, padahal bisa kita dapatkan dengan mengunjungi perpustakaan terdekat dari tempat tinggal kita, atau memanfaatkan pelayanan keliling perpustakaan.


Bahkan ada pilihan lain, meminjam buku dari seseorang terdekat kita. Banyak pilihan lain yang juga bisa kita manfaatkan untuk dapat menikmati sebuah buku bacaan, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan gadget, yang saat ini bukan menjadi barang langka dalam kehidupan.


Kecanggihan yang diberikan pun sudah tidak diragukan lagi, kuncinya adalah bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik, mungkin buku digital menjadi solusi yang bisa kita baca melalui perangkat tersebut. Beberapa aplikasi bahkan menawarkan bahan bacaan secara gratis, tentu ini dapat dijadikan peluang dalam mewujudkan " Buku adalah jendela dunia".


Kira- kira kalau sedemikian adanya, faktor apa yang menjadi penyebab utama mengapa masih ada juga diantara kita yang belum mampu mendorong tumbuhnya budaya baca, coba kita ulas sesederhana mungkin ya ? 


Diri sendiri merupakan faktor awal atau kunci mengapa kebiasaan membaca masih sulit diterapkan. Tanpa ad anya kesadaran dalam diri untuk membangkitkan kegemaran membaca, rasanya menyentuh buku pun akan enggan, apalagi untuk membaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan