Mohon tunggu...
tusam li
tusam li Mohon Tunggu... Guru SMK

hobi tentang ilmu komputer khususnya bidang desain grafis dan juga linux serta suka belajar bahasa inggris

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Melatih Writing Dengan Menggunakan Panca Indera

1 Oktober 2025   16:28 Diperbarui: 1 Oktober 2025   16:28 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris adalah keterampilan menulis (writing). Banyak siswa kesulitan mengembangkan ide karena mereka hanya menuliskan hal-hal secara singkat tanpa detail. Padahal, tulisan yang baik adalah tulisan yang hidup dan mampu membuat pembaca seolah-olah ikut merasakan pengalaman penulis.

Salah satu strategi efektif untuk melatih writing adalah dengan menggunakan 5 panca indera (five senses): sight, hearing, smell, touch, taste. Dengan cara ini, siswa dapat menambahkan detail yang konkret dan deskriptif dalam tulisan mereka.

1. Sight (Penglihatan)

Tanyakan: What do you see?


Contoh:

  • I see tall buildings and colorful lights in the city.
  • The classroom is full of books, posters, and students.

2. Hearing (Pendengaran)

Tanyakan: What do you hear?


Contoh:

  • I hear the sound of birds singing in the morning.
  • The office is noisy with telephones ringing and people talking.

3. Smell (Penciuman)

Tanyakan: What do you smell?


Contoh:

  • I smell fresh bread from the bakery.
  • The room smells of coffee and paper.

4. Touch (Peraba)

Tanyakan: What do you feel by touching?


Contoh:

  • The chair feels soft and comfortable.
  • The keyboard feels smooth under my fingers.

5. Taste (Pengecap)

Tanyakan: What do you taste?


Contoh:

  • I taste the sweetness of a chocolate cake.
  • The water tastes fresh after running outside.

Contoh Paragraf Deskriptif tentang Perpustakaan

In the school library, I can see rows of books neatly arranged on the shelves. I hear the sound of pages turning and the quiet footsteps of students. The air smells of old paper mixed with fresh air from the window. When I touch the wooden table, it feels smooth and cool. During break time, I taste the sweet candy I bring while reading a book. 

Kesimpulan

Dengan melatih siswa untuk menulis menggunakan 5 panca indera, mereka akan terbiasa menambahkan detail dalam tulisan. Hal ini membuat tulisan lebih jelas, hidup, dan menarik untuk dibaca. Strategi ini bisa diterapkan dalam menulis deskripsi tempat, pengalaman PKL, bahkan cerita pendek.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun