Bibit Musnaini
Bibit Musnaini Freelance

cuma turis yang numpang lewat

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Sejuta Pesona Pantai Prigi di Trenggalek

24 Oktober 2017   06:45 Diperbarui: 24 Oktober 2017   15:42 910 4 1
Sejuta Pesona Pantai Prigi di Trenggalek
Foto Garis Pantai Prigi (Dok. Pribadi)

Mungkin Trenggalek masih terdengar asing bagi sebagian orang, tapi bagi mereka para pemburu keindahan pantai, pasti sudah sangat familiar dengan daerah ini, karena disinilah surga para penikmat ombak berada. Terletak di pesisir selatan Jawa Timur, Trenggalek memiliki banyak sekali pantai yang indah dan menawan, tidak kurang dari 15 pantai menawarkan kecantikan dan keunikan masing-masing, salah satunya adalah Pantai Prigi. 

Berjarak sekitar 48 km dari pusat Kota Trenggalek, tepatnya di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, akses menuju pantai ini relatif sangat mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun umum dengan jalan aspal berkelok yang mulus. Perjalanan jauh Anda akan terbayar begitu anda menatap eloknya pesona Pantai Prigi. Belum sampai pantaipun, dalam beberapa kilometer perjalanan menuju pantai, Anda sudah akan disuguhi pemandangan alam nyiur melambai dan perbukitan hijau yang dihantam debur ombak di kejauhan.

Prigi memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan warna pasir putih kecoklatan. Uniknya, Pantai Prigi memiliki ombak yang tenang, kecil, dan tidak liar, tidak seperti kebanyakan pantai di laut selatan Pulau Jawa yang memiliki ombak tinggi dan besar. Hal ini dikarenakan letak Pantai Prigi berada di teluk yang cukup menjorok ke dalam dengan dikelilingi perbukitan hijau di kanan dan kiri pantai. 

Perbukitan inilah yang berperan memecah ombak sehingga sangat aman bermain pasir dan ombak di sepanjang pantai, bahkan untuk anak-anak. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati deburan ombak dan angin sepoi Pantai Prigi. Harga tiket masuknya pun sangat murah yaitu 5000 rupiah saja.

Foto Pasir Putih Pantai Prigi (Dok. Pribadi)
Foto Pasir Putih Pantai Prigi (Dok. Pribadi)

Puas membuat istana pasir dan bermain dengan ombak, Anda bisa mencoba mengarungi laut dengan perahu nelayan yang memang disewakan untuk para turis. Biayanya hanya sekitar 100 ribu rupiah per perahu yang bisa dinaiki sekitar 10 orang. Sangat murah bukan?

Setelah lelah bermain, pastinya Anda merasa lapar, tidak perlu bingung karena ada banyak sekali penjaja makanan, warung, rumah makan, bahkan kafe di sekitar pantai yang siap memanjakan lidah dan perut Anda. Ikan bakar dan es kelapa muda tentu menjadi makanan dan minuman favorit Anda ketika belibur ke pantai. Jangan tanyakan kualitas ikan laut disini yang dijamin 100% segar karena baru dibawa oleh para nelayan langsung dari laut. 

Tempat pelalangan ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Pantai Prigi merupakan salah satu yang paling besar di sepanjang garis pantai selatan Pulau Jawa. Selain warung makan, Anda juga dapat menemukan beberapa warung yang menawarkan cenderamata berupa kerajinan tangan dari kerang, kaos maupun batik tulis khas Trenggalek.

Foto Kapal Nelayan di Sekitar Pantai Prigi (Dok. Pribadi)
Foto Kapal Nelayan di Sekitar Pantai Prigi (Dok. Pribadi)

Selain keindahan alamnya, keramahan masyarakat serta kebudayaan kampung nelayan Pantai Prigi juga menjadi daya tarik tersendiri. Di sekitar pantai, Anda dapat melihat para pembuat kapal tradisional yang dengan gesit menyusun papan-papan kayu menjadi kapal yang gagah dan siap menerjang ombak mengarungi lautan. Anda juga dapat menemukan banyak nelayan yang sedang memperbaiki jala atau para pengrajin reyeng (keranjang kecil berbentuk persegi panjang terbuat dari anyaman rautan bilah-bilah bambu yang berfungsi sebagai wadah ikan). 

Jika anda beruntung datang kesini pada bulan selo menurut kalender jawa, anda dapat berbaur dengan masyarakat yang sedang menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, sebuah pacara tahunan menghanyutkan tumpeng besar ke laut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas hasil laut yang melimpah. Rasakan atmosfir spiritual dan mistis ketika berpartisipasi dalam upacara ini secara langsung.

Foto Penginapan di Dekat Pantai Prigi (Dok. Pribadi)
Foto Penginapan di Dekat Pantai Prigi (Dok. Pribadi)

Asyik bermain dan menikmati keindahan Pantai Prigi sampai lupa waktu, jangan takut kemalaman, karena dengan mudah Anda dapat menemukan banyak penginapan di sekitar pantai. Dengan kisaran harga antara 100-150 ribu rupiah, Anda sudah dapat menikmati kamar untuk satu keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap. Bagi anda yang hobi berkemah dan menikmati serunya kembali hidup di alam. Anda dapat mendirikan tenda di bumi perkemahan yang jaraknya tidak jauh dari pantai. Jadi apa lagi yang membuat Anda masih ragu untuk bertamasya ke Pantai Prigi?

Jika Anda berencana menghabiskan beberapa hari di Trenggalek, Anda bisa mengunjungi beberapa objek wisata yang tidak kalah mempesona, seperti hutan bakau (mangrove) yang sejuk dan eksotis, goa lawa yang merupakan goa lawa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara, air terjun setinggi 25 meter di tepi Pantai Pelang, penangkaran penyu di Pantai Taman Kili-Kili atau bermain ATV di Pantai Konang.