Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Manusia Biasa

tuho.sakti@yahoo.co.uk

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Selamat atas Gelar "ST Asian of the Year 2019", Pak Jokowi!

5 Desember 2019   11:50 Diperbarui: 5 Desember 2019   12:14 266 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selamat atas Gelar "ST Asian of the Year 2019", Pak Jokowi!
Presiden Joko Widodo | Gambar: straitstimes.com/AP

Indonesian President Joko Widodo, who won a solid vote of cofidence for a second and final term in office after an election in April, has been named The Straits Times' Asian of the Year.

Demikian kutipan pada pengantar artikel yang tertulis di laman website straitstimes.com pada hari ini, Kamis, 5 Desember 2019. Ya, tahun ini, koran berbahasa Inggris yang berbasis di Singapura yang dimiliki oleh Singapore Press Holdings (SPH), The Straits Times memberi penghargaan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Asian of the Year.

The Straits Times (The ST) melabeli Presiden Jokowi dengan sebutan "respected leader, at home and abroad", pemimpin negara yang dihormati baik di dalam maupun di luar negeri.

Presiden Jokowi dinilai telah menorehkan kontribusi yang cukup banyak dan positif, yang tidak hanya dirasakan masyarakat dan bangsa Indonesia, tetapi juga warga benua Asia. Beliau dinyatakan terbukti tangkas memimpin dan menghadapi berbagai persoalan rumit.

Di dalam negeri, Presiden Jokowi dianggap berhasil menyatukan Indonesia dan akan terus membawanya makin maju ke depan. Posisi politiknya pasca Pilpres 2019 mampu dikuatkan dan dikonsolidasi.

Dengan prestasi dan kapasitas yang dimiliki, The ST meyakini Presiden Jokowi akan semakin mampu dan berani menghadapi tantangan (di dalam negeri), terutama untuk membangun Indonesia yang demokratis, toleran, terbuka (inklusif), dan bebas dari korupsi.

Dalam rangka menghadapi tantangan yang dimaksud, Presiden Jokowi tentu harus mengarahkan ekonomi Indonesia yang mandiri, modern, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta terus membenahi dan memperbaharui infrastruktur.

Sementara jejak kontribusi cemerlang di luar negeri, Presiden Jokowi disebut sebagai pencetus gagasan ASEAN Outlook yang kemudian mendapat perhatian dan sambutan luar biasa dari dunia internasional.

Gambar: Facebook/Presiden Joko Widodo
Gambar: Facebook/Presiden Joko Widodo
Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga dianggap sosok pemersatu dunia di tengah terjadinya disrupsi dan kekacauan. Oleh sebab itu, ke depan, beliau diharapkan lebih mampu lagi mengelola tantangan eksternal secara cermat sambil terus memperkokoh ikatan persahabatan dengan negara-negara lain, seiring menajamnya perbedaan.

Selamat kepada Presiden Jokowi atas anugerah penobatan Asian of the Year dari The ST. Persis apa yang beliau tulis pada akun pribadinya bahwa penghargaan yang diterima bukan semata untuk dirinya, melainkan kebanggaan bagi warga dan bangsa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x