Mohon tunggu...
Tuhombowo Wau
Tuhombowo Wau Mohon Tunggu... Pengembara

....

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Masih Adakah Harapan bagi AHY Masuk Kabinet Jokowi?

13 Agustus 2019   21:14 Diperbarui: 13 Agustus 2019   21:17 0 0 0 Mohon Tunggu...
Masih Adakah Harapan bagi AHY Masuk Kabinet Jokowi?
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/5/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/WSJ | Sumber Gambar: KOMPAS.com

Sebagian publik sudah menduga bahwa salah seorang calon kuat menteri di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di periode 2019-2024 adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Ya, putera sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu telah digadang-gadang sebelumnya bakal terpilih jadi menteri, satu dari sekian banyak nama kaum muda yang hangat dibahas berbagai media.

Belum lagi memang AHY yang menjabat sebagai Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat telah menunjukkan sikap akrab dengan Presiden Terpilih Joko Widodo. Dia dan Jokowi diketahui sudah beberapa kali mengadakan silaturahmi bersama di istana.

Selanjutnya, Demokrat yang sebenarnya berada di barisan kubu pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 tampak kurang frontal 'menghajar' pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

Bahkan selama dan sesudah Pilpres 2019, Demokrat lebih banyak memilih berada di "jalan tengah", sikap yang agak berbeda dengan yang ditempuh oleh partai politik teman sekoalisi mereka. Namun demikian, mereka tetap mengaku berjuang memenangkan Prabowo-Sandiaga.

Tentu pemilihan "jalan tengah" oleh Demokrat cukup logis dan sangat beralasan, karena mereka bukan partai pengusung utama capres-cawapres. Artinya bukan kader merekalah yang berkompetisi di Pilpres 2019.

Kembali ke soal keakraban AHY dan Jokowi, silaturahmi yang belum lama mereka lakukan antara lain:

Pertama, pada 2 Mei 2019, beberapa hari setelah pelaksanaan Pemilu 2019. Tujuan AHY ke istana dalam rangka saling tukar pikiran dan gagasan dengan Jokowi bagaimana membangun Indonesia ke depan agar bisa menjadi bangsa yang maju.

Selain itu, AHY juga menyampaikan salam hormat dari SBY dan Ani Yudhoyono (almarhum) kepada Jokowi. Sila baca di sini.

Kedua, pada 22 Mei 2019, usai pengumuman pemenang Pilpres 2019. AHY ke Istana Bogor dalam rangka mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin yang berhasil memenangkan Pilpres 2019.

Di samping itu, AHY juga melakukan diskusi bersama Jokowi terkait persoalan bangsa, serta menitipkan pesan SBY yang belum bisa bertemu langsung dengan Jokowi karena tengah sibuk mengurus perawatan Ani Yudhoyono (almarhum) di Singapura.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x