Tubagus Encep
Tubagus Encep profesional

Asal Pandeglang, Kandidat kakek, belajar mengajar di madrasah dan ingin terus belajar............\r\nE-mail: tebe.ncep@gmail.com,\r\n@TebeNcep

Selanjutnya

Tutup

Jalan Jalan Pilihan

Jangan (Biasakan) Minta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian

4 Januari 2015   20:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:50 185792 0 0
Jangan (Biasakan) Minta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian
Ilustrasi Oleh-oleh (travel.kompas.com)

[caption id="" align="aligncenter" width="562" caption="Ilustrasi Oleh-oleh (travel.kompas.com)"][/caption]

"Bang Armand mau ke Jerman ya?, nanti bawain saya oleh-oleh Roti jahe dong..!: Pinta Encep pada temannya tersebut.

Apakah anda termasuk orang yang rajin meminta oleh-oleh pada teman yang kebetulan bepergian ke luar kota atau ke luar negeri?. Kalau anda menjawab ya, tolong pikirkan kembali kebiasaan ini sambil menimbang betapa repotnya orang yang anda minta oleh-oleh sesuai keinginan anda.

Terlebih kebiasaan ini anda lakukan sambil tak memberikan uang untuk membelikan barang yang anda inginkan dan hanya berdasarkan berharap teman anda yang bepergian tersebut meluangkan waktu dan materi untuk sebuah keinginan anda.

Mengapa saya mengajak berpikir ulang tentang kebiasaan tersebut?, karena beberapa hal yang harus kita kaji ulang akibat kebiasaan pesan oleh-oleh yang kita minta, antara lain :

  • Apakah kita sudah berfikir bahwa teman yang kita minta oleh-oleh belum tentu sedang dalam kondisi memiliki uang yang cukup.
  • Teman memiliki waktu yang terbatas untuk mencari oleh-oleh yang kita minta.
  • Teman kita juga sudah direpotkan membawa oleh-oleh yang mungkin disiapkan untuk keluarganya.
  • Pada kasus bepergian dengan pesawat terbang dimana setiap penumpang hanya mendapatkan free bagasi antara 20-30 kg (tergantung maskapai/kelas penumpang) tentu saja akan merepotkan ketika gara-gara oleh-oleh yang kita pinta menambah beban biaya tambahan yang harus dibayar teman kita.
  • Dan banyak hal kesulitan yang akan teman kita dapatkan akibat pesanan oleh-oleh yang kita minta pada teman.

Kebiasaan kita yang sering meminta oleh-oleh pada teman/saudara yang hendak bepergian ke luar kota atau ke luar negeri seringkali kita lakukan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang saya tulis di atas. Padahal bisa jadi kebiasaan ini sangat merepotkan dan membebani teman kita yang bepergian.

Langkah yang terbaik yang pantas kita lakukan saat mendengar teman/saudara akan bepergian adalah menawarkan bantuan kendaraan ke bandara, atau mencarikan tiket murah serta hal-hal yang memudahkan teman kita dalam melakukan persiapan sebelum pemberangkatan.

Memudahkan teman/saudara yang akan bepergian akan menyenangkan mereka ketimbang merepotkan dengan permintaan oleh-oleh yang anda pinta. (Tak menyertakan uang lagi untuk membelinya).

Mudahkan teman dan saudaramu maka Allah SWT akan memudahkan anda, saya yakin itu.