Mohon tunggu...
Tsania Fitrazhmara
Tsania Fitrazhmara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Student

Universitas Negeri Malang '19

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tingkatkan Kenyamanan Perpustakaan, Mahasiswa UM Lakukan Pengembangan Perpustakaan SMK PGRI 6 Malang

26 Juni 2022   09:42 Diperbarui: 26 Juni 2022   10:02 112 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tampilan Perpustakaan Setelah Dilakukan Penataan Ulang/dokpri

Sebagai lembaga penyedia sumber informasi bagi siswa di sekolah, perpustakaan sekolah harus memastikan apakah fasilitas dan tata ruang sudah memenuhi kebutuhan penggunanya. Perpustakaan sekolah harus tau apa yang sebenarnya menjadi motivasi siswa memanfaatkan perpustakaan untuk memaksimalkan fasilitas yang ada. 

Melalui wawancara yang dilakukan pada beberapa siswa SMK PGRI 6 Malang, mereka menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang berkunjung ke perpustakaan. 

Diantaranya ialah letaknya yang strategis, terdapat pendingin ruangan, terdapat tempat duduk untuk mereka belajar, koleksi bacaan yang menarik seperti novel dan masih banyak faktor lainnya. Hal ini lah merupakan faktor yang mempengaruhi siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah.

Namun faktanya, tidak semua siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku. Terkadang, siswa datang ke perpustakaan hanya ingin memanfaatkan fasilitas seperti komputer atau layanan lainnya. 

Maka dari itu untuk meningkatkan minat siswa berkunjung ke perpustakaan, mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang melakukan beberapa renovasi perpustakaan SMK PGRI 6 Malang. Kegiatan renovasi ini dimulai dengan menata ulang tatanan buku dan pemberian kode dengan desain yang menarik. 

Selain itu, disusul dengan pemberian poster-poster ajakan edukatif, dan hiasan-hiasan untuk memperindah perpustakaan. Lalu merapikan tatatan alat pembersih ruangan, pemberian rak sepatu, dan perubahan tata letak almari yang berisikan buku-buku novel yang menarik. Selain itu, menata dan merapikan meja belajar yang digunakan siswa untuk belajar di dalam perpustakaan agar menimbulkan rasa kenyamanan.

Berbagai cara dilakukan dalam upaya memikirkan bagaimana kenyamanan perpustakaan bisa terwujud sehingga bisa dikatakan siswa memiliki opini bahwa perpustakaan merupakan tempat yang nyaman untuk belajar jika mereka jenuh belajar di dalam kelas. Harapannya semoga dengan adanya renovasi ini, minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan SMK PGRI 6 Malang bisa bertambah dan terciptanya suasana perpustakan yang bisa menyegarkan pikiran.

Pemberian Hiasan Daun Rambat dan Rak Sepatu/dokpri
Pemberian Hiasan Daun Rambat dan Rak Sepatu/dokpri

Pemberian poster ajakan yang ditempelkan di sudut-sudut ruangan/dokpri
Pemberian poster ajakan yang ditempelkan di sudut-sudut ruangan/dokpri

Pembaruan Kode Buku/dokpri
Pembaruan Kode Buku/dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan