Humaniora

Jadikanlah Guru BK Sebagai Sahabat Karibmu bukan Musuhmu

14 Februari 2018   13:36 Diperbarui: 14 Februari 2018   13:42 327 1 0

sebagian anak jika mendengar kata BK terdengar meyeramkan dan mengerikan namun penyataan tersebut salah, kata bimbingan konseling itu sebenarnya adalah bimbingan yang diberikan kepada anak didiknya untuk memahami dan memiliki kepribadian yang lebih baik lagi. Namun pembimbnganya itu tegas, agar si anak tersebut tidak mengulangi kesalahan yang ia perbuat.

Ada pernyataan, jika kamu tidak melakukan kesalahan yang lebih dan tidak membuat orang kesal maka tidak ada harimau di sampingmu artinya maka guru bimbingan konselingmu akan menyayangi dan memperhatikanmu setiap saat dan tidak ada cacatan di buku merahnya.

 Dan jika kamu melakukan kesalahan dan membuat orang kesal maka ada harimau di sampingmu artinya maka guru bimbingan konselingmu akan memberi motivasi lebih dan memberi hukuman kepadamu agar dia kapok dan tidak akan melakukan kesalahan yang telah lalu.

Di sekolah, kita mempunyai orang tua kedua yaitu guru, termasuk guru bimbingan konseling. Disitu anak didiknya akan diberi bimbingan dan diberi masukan-masukan setiap saat tentang

-Absen : disitu ada beberapa anak yang suka bolos, suka cabut pelajaran. Maka funginya guru bimbingan konseling yaitu untuk mengoreksi dan menuntun anak didiknya supaya rajin masuk sekolah.

-pelajaran : fungsinya bimbingan konseling yaitu untuk membimbing anak didiknya agar rajin belajar dan volume belajar lebih meningkat dan meningkat.

-Tingkah laku : sebagai seorang pembimbing, tingkah laku anak didiknya itu diberikan contoh perilaku yang baik agar anak didiknya meniru apa yang dikerjakan atau dilakunya oleh pembimbingnya, dan akhirnya menjadi akhlaq yang baik

 -Akhlaq : akhlaq seseorang tergantung diri sendiri apalagi kita mempunyai agama, apalagi kita agama islam. Di agama islam yang di utamakan adalah akhlaq yang mulia dan luhur di pandangan Allah dan orang lain, maka kita harus membiasakan mulai dari kecil dan harus di biasakan sampai sekarang

-Budi pekerti : sama pengertiannya dengan tingkah laku dan akhlak, maka dua pengertian tersebut harus bisa disatukan dan akan menjadi budi pekerti yang baik.

-Curaharan hati anak : cewek sering curhat tentang sesuatu yang mengganjal bagi dirinya, dan cewek juga butuh motivasi dan masukan-masukan agar si cewek tersebut lega dan dapat mmecahkan masalahnya. Fungsi bimbingan konseling untuk memotivasi dan membimbing agar semangatnya kembali membara.

-Prestasi : masalah yang dialami siswanya, suatu tantangan agar prestasinya tinggi dan tidak menurun. Suatu tantangan bagi pembimbing untuk mengontrol dan membimbing terus.

Dan sungguh mulia guru bimbingan konseling tersebut. Banyak yang negative thingking BK itu ngeri dan wowww banget dalam menangani kasus dan masalah  .... Eitss salah guru BK itu adalah orang tua kedua kita di sekolah, memang sih pengarahanya itu tegas dan keras, buat apa sih?? Buat membimbing dan motivasi agar kita dapat merubah dan menjadi sosok dan pribadi yang luar biasa dalam pandangan orang lain.