Pandemi covid-19 masih terus melanda beberapa negara, termasuk Indonesia. Jumlah kasus covid-19 masih terus bertambah secara signifikan. Kasus ini berdampak besar pada berbagai sektor, begitu juga dengan dunia pendidikan. Pemerintah menerapkan kebijakan belajar di rumah selama pandemi covid-19. Peserta didik diharuskan belajar dari rumah, pendidik harus memastikan proses pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran corona Virus Disease (Covid-19).
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) turun tangan untuk melaksanakan aksi nyata dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19. Bersama Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat UPI (LPPM UPI), Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi Covid-19" yang dilaksanakan oleh ribuan mahasiswa UPI di lingkungan tempat tinggal masing-masing pada bulan Juli selama satu bulan.
Dalam bidang pendidikan, mahasiswa bekerja sama dengan sekolah untuk melaksanakan beberapa program kerja dengan sasaran program yaitu guru, siswa dan orang tua siswa. Ada pun program kerja yang dilakukan yaitu penguatan pembelajaran daring, pendampingan siswa dalam pembelajaran daring, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, mendesain sekaligus membuat media pembelajaran daring, membantu administrasi sekolah secara daring dan membuat video edukasi program penanggulangan covid-19.
Salah satu program kerja yang dilakukan yaitu mendesain sekaligus membuat media pembelajaran daring. Media pembelajaran merupakan perantara bagi guru untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswa agar siswa dapat dengan mudah memahaminya. Desain media pembelajaran dibuat semenarik mungkin untuk merangsang minat dan motivasi siswa. Ada berbagai jenis media pembelajaran, antara lain media pembelajaran visual, audio, dan audiovisual.
Penggunaan media pembelajaran sangat bermanfaat baik bagi guru maupun siswa. Guru dapat menggunakan media untuk menyampaikan materi dengan lebih jelas, dan siswa akan lebih mudah memahami materi yang disajikan melalui media yang menarik. Anak-anak usia SD tertarik pada gambar, musik, dan berbagai warna. Hal ini membuat anak-anak SD penuh semangat untuk belajar. Salah satu media yang dapat menggabungkan semua elemen tersebut adalah video animasi. Animasi merupakan media gambar dan teks yang bergerak dan dapat disertai dengan musik.
Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah SDN Pancawati III di Desa Pancawati, Kabupaten Karawang, guru mengalami kesulitan dan kebingungan saat membuat media pembelajaran online. Guru tidak memahami teknologi digital modern dan alat yang tersedia untuk pembelajaran online. Dengan ini, Tsabita Widya Septivani sebagai salah satu peserta KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021, di bawah bimbingan Dr. H. Warlim, M.Pd., mengusulkan untuk mendesain dan membuat video pembelajaran daring berupa animasi untuk memaksimalkan pembelajaran sekaligus membantu mengurangi dampak covid-19.