Mohon tunggu...
Agung Budi Santoso
Agung Budi Santoso Mohon Tunggu... Konsultan teknik dan penulis lepas tinggal di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Engineering consultant, freelance writer, and traveler.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Panduan Keliling Jakarta dengan Biaya Hemat

8 Desember 2019   13:10 Diperbarui: 8 Desember 2019   13:18 101 11 5 Mohon Tunggu...
Panduan Keliling Jakarta dengan Biaya Hemat
Dokumen Pribadi

Apakah Anda memiliki hobi travelling? Jika jawabannya adalah "ya". Lalu apa saja yang Anda butuhkan? Tiket pesawat, tiket kereta, tiket kapal laut, atau tiket hotel? Bagi sebagian traveler yang lebih sering mendapat julukan backpacker, dia harus mengurus semua dokumen perjalanannya secara mandiri dan tidak tergantung kepada agen atau biro perjalanan wisata.

Nah, di sini saya mau berbagi sebuah tool yang bisa Anda gunakan sebagai pemandu perjalanan jika Anda berniat keliling kota Jakarta dengan biaya hemat. Ya, jika kita menggunakan jasa biro perjalanan wisata tentu kita sudah siap dengan sejumlah biaya yang telah ditawarkan oleh biro perjalanan tersebut. Namun jika kita tergolong sebagai wisatawan jenis backpacker kita memiliki kebebasan dalam menentukan tempat-tempat wisata yang akan kita kunjungi.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Lewat sebuah aplikasi yang bernama Moovit dan dapat diunduh di Google Play, Anda akan lebih mudah memilih sarana transportasi umum untuk menuju ke lokasi tempat wisata yang ada di kota Jakarta. Sebagai contoh kita akan berkunjung ke Ancol dari tempat kita menginap dengan menggunakan bus TransJakarta. Ya, tinggal kita tentukan saja alamat tujuan, lalu sentuh tombol "Cari rute" maka kita akan dipandu dalam memilih sarana transportasi yang tepat. Setelah itu pilih yang ongkos transportasinya sesuai dengan budget kita. Mudah kan?

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Di dalam aplikasi Moovit tidak hanya memuat info sarana transportasi bus TransJakarta saja, informasi MRT, LRT, dan KRL juga ada. Di samping itu jika kita hendak pergi ke kota lain di menu pengaturan kita juga bisa merubah setting kota yang hendak kita kunjungi. Misal dari wilayah Jabodetabek kita ganti dengan wilayah Yogya, Solo atau Denpasar juga bisa. Namun di sini penulis baru sekedar mencoba untuk wilayah Jabodetabek.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Ok, mungkin kiranya itu saja yang bisa saya sampaikan jika ingin keliling kota Jakarta secara hemat dengan sarana transportasi umum dan dipandu oleh aplikasi bernama Moovit. Selamat mencoba dan keliling kota Jakarta.....daag...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x