Mohon tunggu...
Triyono Tanasia
Triyono Tanasia Mohon Tunggu... Coram deo

Jadilah garam dunia

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Wadi, Citarasa Kuliner Khas Suku Dayak di Palangkaraya

16 Januari 2020   22:56 Diperbarui: 16 Januari 2020   22:55 57 4 1 Mohon Tunggu...
Wadi, Citarasa Kuliner Khas Suku Dayak di Palangkaraya
dokpri

Palangkaraya Pilihan Tujuan Wisata

Seiring dengan kemajuan pembangunan infrastur komunikasi dan transportasi bandara, jalan darat  trans Kalimantan menjadikan geliat Kota Palangkaraya terus bertumbuh menjadi pusat pemerintahan, pendidikan, perdagangan, wisata alam dan kuliner yang semakin di kenal di dunia luar.

Kota Palangkaraya bukan hanya menyandang  kota Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah, namun juga  posisinya" tengah"  telah menjadi kota strategis dalam pengembangan pembangunan ekonomi dan potensi lainnya diwilayah Kalimantan.  Pembangunan jalan Trans Kalimantan telah menjadi jalan antar kota antar provinsi yaitu menhubungkan dengan Banjarmasin (Ibukota Kalimantan Selartan) dan denga Kota Ketapang (Provinsi Kalimantan Barat).

Demikian juga Palangkaraya memiliki akses jalan darat dengan Kota Kuala Kapuas, pengembangan wilayah Kasongan, Tumbang Samba, Sampit ( Kabupaten Kotawaringin Timur) serta wilayah lain seperti Gunung Mas serta Pangkalan Bun (Kotawaringin Barat) yang dekat dengan wisata Taman Nasional Tanjung Puting serta wilayah lainnya.  Jika menoleh kebelakang sebelum adanya kemajuan pembangunan infrastrukur kota Palangkaraya hanya dapat dijangkau dengan jalur transportasi udara, sungai dengan klotok, speed boad yang memakan waktu agak lama jika dibandingkan dengan sekarang ini.

Kekayaan Destinasi Wisata di Tanah Suku Dayak

Kota ini juga layak untuk direkomendasikan menjadi pilihan  tujuan wisata dalam dan luar negeri yang tidak dapat ditemukan didaerah lain. Simak saja contoh berikut ini.

Kota Palangkaraya bagian dari Provinsi Kalimantan Tengah serta bagian dari wilyah besar Borneo memiliki begitu banyak potensi sumber daya alam seperti Bukit Tangkiling, menelusuri arung sungai, Taman nasional Sebangau, Taman nasional perlindungan orang utan di Tanjung Puting.

Kota ini juga memiliki keunikan wisata kuliner yang menyediakan makanan khas suku dayak yang memiliki jenis dan citarasa istimewa. Makanan tradisonal khas suku dayak dengan bahan-bahan alamiah seperti buah, ikan serta rempah-rempah  yang hanya ada di wilayah ini.

dokpri
dokpri
Sebut saja namanya "Lauk Wadi"

Dari sekian banyak jenis makanan sebut saja ada sayur kelakai, juhu, tempoyak, oei, umbut, daun taya dan lain-lain. Aneka jenis hidangan ikan seperti ikan gabus, patin, tempahas, jelawat dengan berbagai jenis cara olahan yang serba alamiah.

Dari sekian banyak jenis olahan  makanan ada yang istimewa yaitu "Wadi".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN