Mohon tunggu...
Tri Syhanda Ade Lia
Tri Syhanda Ade Lia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Aktif Universitas Nasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Interaksi Media Sosial Instagram Melalui Pendekatan Ontologi

30 November 2022   21:21 Diperbarui: 30 November 2022   21:34 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Latar belakang 

Kelahiran dan perkembangan teknologi informasi membawa perubahan bagi masyarakat. Dengan adanya teknologi informasi, perilaku masyarakat telah berubah. Jenis teknologi informasi yang berkembang pesat adalah media sosial. Media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan manusia.

Sebelum adanya media sosial berbasis internet, hubungan interaksi dilakukan secara langsung atau menggunakan telepon genggam. Setelah kemunculan dan meluasnya penggunaan media sosial berbasis internet, cukup banyak orang mulai menggunakan aplikasi media sosial untuk tujuan yang berbeda.

Munculnya media sosial telah mengubah sistem komunikasi Indonesia, termasuk sistem media massa. Teknologi komunikasi yang bercirikan digitalisasi, konvergensi, internet menghasilkan teknologi dan aplikasi yang memenuhi semua bentuk komunikasi komunikasi antarpribadi, komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Media sosial telah memungkinkan untuk mengirim semua pesan melalui berbagai bentuk komunikasi.                                                 

Dengan adanya media sosial memudahkan kita untuk saling berkomunikasi, baik itu secara langsung atau tidak langsung. Dengan adanya jarak tidak menghalangi kita untuk saling berkomunikasi menggunakan media sosial.

Rumusan masalah

Bagaimana hubungan interaksi di media sosial Instagram melalui pendekatan Ontologi?

Pembahasan

Filsafat Komunikasi 

Filsafat komunikasi adalah suuatu bidang yang menelaah pendekatan terhadap ilmu komunikasi. Filsafat komunikasi bisa diawali dengan mempelajari konsep pokok seperti seperti epistemologi, aestetika, logika, etika, metafisika. Konsep tersebut menjelaskan masalah/isu yang dihadapi praktisi komunikasi dalam profesi dan kehidupan masyarakat. Masalah yang dibahas khususnya adalah masalah yang bersangkutan dengan dilema-dilema etik.

Menurut James A. Anderson (1996) menyatakan bahwa pendekatan filsafat menekankan pada teori komunikasi yang dapat mendefinisikan teori, mendiskusikan bidang studi teori komunikasi, dan mencari tahu hal yang membuat suatu teori termasuk teori komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun