Mohon tunggu...
Try Raharjo
Try Raharjo Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Orang Republik

www.youtube.com/c/indonesiabagus

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Semangat Berbagi di Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

11 Juli 2021   20:31 Diperbarui: 11 Juli 2021   20:54 207 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semangat Berbagi di Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat
Pak Karyoto dan Pak Agus dua petugas kebersihan menikmati nasi dus dari seorang donatur masjid. | Dokpri

Untuk menekan lonjakan penularan Covid-19 Pemerintah RI menerapkan kebijakan pemberlakuan PPKM Darurat
di Jawa-Bali per 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Banyak sektor usaha yang terpukul dan harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berat ini. Terkait dengan penerapan PPKM darurat tersebut seperti dilansir Kompas, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan bahwa target pertumbuhan ekonomi kita sepanjang 2021 menjadi hanya di kisaran 3,7 persen sampai 4,5 persen.

Kita memang sedang menghadapi persoalan yang tidak mudah, membutuhkan semangat juang yang kuat untuk dapat melewatinya. 

Pandemi memberi kita banyak ujian, cobaan namun juga semestinya dapat menjadi hikmah dan pelajaran yang berguna bagi kita semua. Sebagai bangsa pejuang yang tangguh kita percaya bisa menghadapinya.

Pada masa seperti saat ini kita harus lebih banyak lagi berbagi kepada saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan. Utamakan untuk membantu orang-orang di sekitar kita. Mungkin saja mereka memang tidak pernah sekali pun meminta, tapi itu bukan alasan untuk tidak membantunya.

Allah memerintahkan kepada manusia untuk saling peduli dan tolong menolong dalam kebaikan. Sikap saling peduli dan tolong menolong itu diamanatkan Allah secara langsung pada Alquran kepada umat manusia.

Misalnya, dalam Surat Al-Maidah ayat 2, Allah SWT berfirman yang artinya sebagai berikut.

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat."

Jangan pernah khawatir bahwa rezeki kita akan berkurang karena kita membagikan sebagian dari rezeki kita kepada orang lain. Selagi kita masih bisa berbagi maka lakukanlah, niscaya Allah akan menggantinya dengan balasan pahala yang datangnya mungkin dari arah yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Hal tersebut di atas kiranya menjadi salah satu hal yang telah menggerakkan Rahmat Kurniawan seorang pemilik usaha kuliner tradisional Loempia Bom untuk mendonasikan sejumlah paket nasi dos secara rutin tiap bulan kepada pengurus Masjid Agung Baitussalam Purwokerto agar disalurkan kepada yang membutuhkan.

Pada siang hari tadi 11 Juli 2021, melalui dua karyawannya pihak Loempia Bom Cabang Jalan Masjid Purwokerto mengantarkan paket donasinya kepada pengurus masjid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x