Mohon tunggu...
Tri Nur Hikmah
Tri Nur Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa konten digital

ide menjadi kerja

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

5 Jenis Nasi Goreng Nusantara, Terfenomenal!

13 Januari 2021   01:55 Diperbarui: 13 Januari 2021   02:02 199 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Jenis Nasi Goreng Nusantara, Terfenomenal!
Steemit.com

Sejarah Nasi Goreng

Nasi adalah hal penting dari masakan tradisional Tionghoa, yang sudah tercatat di sejarah sejak 4000 SM. Nasi goreng tersebar di Asia Tenggara karena dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan-perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng. 

Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka memakan makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya . Oleh karena itu, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali dimeja makan. Setelah itu hidangan nasi goreng mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.  Menurut Kurniawan, GS. 2018. Nasi Goreng Sebagai Signature Dish Di Hotel UNY Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kepariwisataan 2018. Hal : 4. Nasi goreng yang ada di Indonesia ini memiliki ciri khas dan resep yang berbeda-beda dari setiap daerah . Berikut adalah 5 nasi goreng di Indonesia yang bisa anda coba : 

1. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng Jawa biasanya identik dengan rasanya yang manis, bahan-bahan yang biasa dipakai dalam memasak nasi goreng juga bervariasi mulai dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, kemiri serta tidak lupa menggunakan kecap manis bangao yang memberikan rasa manis bahkan kecap asin juga bisa digunakan dalam memasak nasi goreng jawa sebagi penyedap rasa. 

Biasanya dalam nasi goring jawa terdapat beberapa isian seperti, ikan teri dan ikan bilis goreng, ayam kampung yang disuwir, tauge, babat goreng, serta irisan kol dan sawi hijau. Salah satu nasi goreng Jawa yang terkenal adalah nasi goreng Jawa Pak Mitro yang berada di daerah Surabaya tepatnya berada di daerah Tegalsari, harga untuk satu porsi nadi goreng Jawa ini adala 27.000. Nasi goreng Jawa Pak Mitro ini buka dari pukul 10.15-22.00.

2. Nasi Goreng Aceh

Nasi goreng Aceh biasanya disajikan dalam porsi banyak. Nasi goreng tersebut biasanya disimpan di dalam termos agar terjaga kehangatannya lalu disendok ke dalam satu porsi piring ketika ada yang memesan. Nasi goreng aceh pada umumnya disajikan dengan daging sapi yang dicincang kotak-kotak, 

Selain itu juga terdapat emping dan acar irisan bawang juga menjadi ciri khas dari nasi goreng aech. Ada juga tambahan lainnya seperti ikan laut atau udang untuk menambah cita rasanya. Jika anda ingin menemukan nasi goreng aceh, biasanya nasi goreng aceh terdapat di warung yang juga menjual mie aceh. Salah satu nasi goreng aceh terkenal adalah Daus Nasi goreng khas Aceh. Daus nasi goreng telah ada sejak tahun 1970 hingga saat ini sudah terdapat 4 cabang di seputaran kota banda aceh dan aceh besar.

3. Nasi Goreng Padang

resepkoki.id
resepkoki.id
Nasi goreng Padang biasanya disajikan dalam rasa gurih pedas yang bergitu khas rasa Sumatra. Nasi gorengnya memiliki tekstur lebih kering karena sedikit minyak yang dituangkan. Selain itu, warna nasi gorengnya cenderung merah bukan cokelat. Taburan seledri dan suwiran ayam goreng yang banyak menciri khaskan makanan ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x