Mohon tunggu...
Tri Ariqoh Kholisah
Tri Ariqoh Kholisah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Pendidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Akses Pengetahuan dengan Layanan Referensi di Perpustakaan Nasional

24 Juni 2023   21:17 Diperbarui: 24 Juni 2023   21:40 491
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pusat Informasi Layanan Koleksi Referensi & Koleksi Online. Sumber: Dokumen Pribadi.

Perpustakaan Nasional adalah institusi yang memegang peran penting dalam memfasilitasi akses ke pengetahuan dan informasi bagi masyarakat luas, informasi seakan-akan sudah menjadi makanan pokok sehari-hari. Selain menyediakan koleksi buku dan bahan bacaan lainnya, Perpustakaan Nasional juga menawarkan berbagai layanan referensi yang sangat berharga. Dalam era digital yang terus berkembang, Perpustakaan Nasional juga harus beradaptasi dan menyediakan layanan referensi yang relevan untuk dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.  Artikel ini akan menjelaskan pentingnya layanan referensi di Perpustakaan Nasional.

Apa itu Layanan Referensi di Perpustakaan Nasional?

Layanan referensi merupakan salah satu layanan utama yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional kepada penggunanya. Layanan referensi ini dapat membantu pemustaka untuk dapat mencari atau menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan dari pemustaka yang menggunakan koleksi referensi, serta dapat memberikan bantuan untuk mendapatkan koleksi referensi yang dibutuhkan dan cara menggunakannya.(Luthfiyah, 2015). Lebih lanjut lagi dikatakan, bahwa layanan referensi adalah layanan perpustakaan yang memiliki koleksi yang lebih khusus dan lebih sering disebut dengan koleksi rujukan.(Timur & Sari, n.d.)

 Layanan referensi juga dapat membantu pemustaka dalam mencari informasi, melakukan penelitian, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mereka miliki.

Pada umumnya Layanan Referensi pada setiap jenis perpustakaan mempunyai tujuan yang sama yaitu dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan efisien kepada pemustaka.(Asari et al., 2022) Adapun tujuan lain dari Layanan Referensi ini adalah:

1. Memungkinkan pemustaka dalam menelusur informasi dengan pilihan yang lebih luas.

2. Memungkinkan pemustaka menemukan informasi dengan cepat dan tepat.

3. Memungkinkan pemustaka untuk dapat menggunakan koleksi rujukan dengan cara lebih tepat guna.

 Salah satu peran utama layanan referensi di Perpustakaan Nasional adalah membantu pemustaka dalam mencari informasi. Untuk dapat membantu meningkatkan pemustaka dalam mencari informasi di Perpustakaan Nasional, dalam hal ini Perpustakaan Nasional menyediakan jenis-jenis layanan yang diberikan di bagian pelayanan referensi, sebagai berikut:

1. Layanan Informasi, layanan referensi memungkinkan pengguna Perpustakaan Nasional untuk memperoleh akses yang mudah dan cepat ke berbagai sumber informasi yang relevan. Pustakawan yang berpengalaman dapat membantu mengarahkan pengguna ke koleksi perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Layanan penelusuruan informasi ilmiah, bagi mahasiswa, peneliti atau professional, layanan ini dapat membantu dalam mendukung penelitian dan pengembangan. Pustakawan dapat membantu dalam merumuskan pertanyaan, dan mengidentifikasi sumber daya yang relevan.

3. Layanan bimbingan pemakai, pada layanan ini juga berperan dalam membimbing pengguna dalam melakukan penelitian. Pustakawan dapat membantu dalam merencanakan dan merancang penelitian, memberikan saran tentang metode penelitian yang tepat. Dengan bimbingan dari pustakawan yang berpengalaman, pemustaka dapat mengembangkan keterampilan penelitian yang lebih baik dan mencapai hasil penelitian yang berkualitas.

3. Layanan ruang baca (reading area), tempat atau ruang yang disediakan untuk baca ditempat ataupun hanya mengerjakan tugas dan lainnya.

Lyayanan Ruang Baca yang di Sediakan Untuk Para Pengunjung yang Datang. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
Lyayanan Ruang Baca yang di Sediakan Untuk Para Pengunjung yang Datang. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

4. Layanan Foto Copy, layanan ini merupakan layanan pendukung di perpustakaan untuk memudahkan pemustaka dalam melakukan penggandaan dokumen secara terbatas untuk kepentingan pendidikan atau penelitian.

Dalam layanan referensi, untuk mendapatkan sebuah informasi atau pengetahuan maka sangat dibutuhkan sumber-sumber referensi yang relevan, yaitu:

1. Kamus

2. Ensiklopedia

3. Almanak

4. Pedoman atau Panduan

5. Statistic

6. Tesis

7. Laporan Penelitian

8. Direktori

9. Sumber Biografi

10. Sumber Geografi

11. Indeks

12. Bibliografi atau Abstrak

13. Rujukan Referensi Terpercaya

Penting untuk diingat bahwa layanan referensi di Perpustakaan Nasional adalah gratis dan terbuka untuk umum untuk semua kalangan masyarakat, dengan syarat memiliki kartu keanggotaan Perpustakaan Nasional. Setiap individu memiliki hak yang sama untuk dapat mengajukan pertanyaan dan memperoleh bantuan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Berikut jalur layanan referensi Perpustakaan Nasional:

1. Pemustaka mengirimkan email mengenai pertanyaan referensi ke: layanan_ereserorces @perpusnas.go.id.

2. Pemustaka bisa mengajukan pertanyaan referensi kepada pustakawan dengan datang langsung ke lantai 15 Perpustakaan Nasional.

3. Pustakawan menerima pertanyaan yang telah diajukan oleh pemustaka baik secara online atau datang langsung ke lantai 15 Perpustakaan Nasional.

4. Pustakawan melakukan penelusuran, pustakawan dapat menelusur di katalog online Perpustakaan Nasional, Website Tematik Perpustakaan Nasional, atau sumber lainnya yang relevan dan dapat dipercaya.

5. Pustakawan memberikan jawaban, pustakawan dapat memberikan jawaban secara langsung ataupun melalui media lainnya seperti email.

6. Pemustaka dapat mengajukan pertanyaan kembali jika dinilai belum ditemukan yang diinginkan.

 Untuk dapat memanfaatka koleksi referensi yang ada di Perpustakaan Nasional, pemustaka dapat dengan mudah melakukan pemesanan koleksi referensi dengan beberapa langkah. Berikut adalah panduan tentang cara pesan koleksi referensi di Perpustakaan Nasional:

Cara Pesan Koleksi Refrensi. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
Cara Pesan Koleksi Refrensi. Sumber: Dokumentasi Pribadi.

1. Pemustaka wajib mempunyai kartu keanggotaan Perpustakaan Nasional

2. Pemustaka melakukan penelusuran melalui "OPAC"

3. Klik Pencarian Lanjutan

4. Pemustaka dapat mengetikan kata kunci yang diinginkan, ketikan jenis koleksi referens (hasil penelitian, kamus, ensiklopedia, almanak, data statistik, direktori)

5. Pemustaka mengklik Ketersediaan Buku, kemudia klik Pesan

6. Pemustaka dapat menempelkan kartu anggota ataupun ketik nomor anggota dan password secara manual

7. Untuk mengkonfirmasi pesanan koleksi, pemustaka dapat memberikan struk bukti pesanan kepada petugas pada meja sirkulasi

8. Pemustaka dapat menunggu hingga status pesanan "SIAP" dengan melihat layar informasi pemesanan

9. Pemustaka sudah bisa mengambil koleksi dengan menyertakan Kartu Keanggotaan Perpustakaan Nasional.        

Layanan referensi di Perpustakaan Nasional merupakan inti dari akses informasi dan pengetahuan yang berkelanjutan. Dengan melibatkan pustakawan yang ahli, sumber daya yang melimpah, dan inovasi teknologi, Perpustakaan Nasional berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan dan informasi masyarakat luas. Layanan referensi membantu pemustaka dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan sumber daya informasi dengan baik. ini juga dapat memainkan peran kunci dalam pengembangan literasi pengetahuan, informasi, penelitian, dan pertumbuhan intelektual. Melalui layanan referensi, Perpustakaan Nasional dapat menjunjung tinggi misinya untuk menjadi jendela yang terbuka lebar menuju pengetahuan bagi masyarakat Indonesia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun