Mohon tunggu...
Tri Wintolo Apoko
Tri Wintolo Apoko Mohon Tunggu... Dosen FKIP UHAMKA

Kegiatan sehari-hari mengajar, melakukan bimbingan dan pelatihan-pelatihan di bidang pembelajaran dan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Upaya-upaya yang Dapat Dilakukan Peserta Didik di Masa Pandemi

2 Juni 2020   09:19 Diperbarui: 2 Juni 2020   09:21 24 3 0 Mohon Tunggu...

Pembelajaran daring atau Study From Home (SFH) bagi peserta didik selama masa pandemi Covid 19 telah menyebabkan kebosanan dan membuatnya tertekan karena beban tugas sekolah/kuliah yang banyak dan karena belajar mandiri terus-terusan. 

Jika ini terus terjadi tanpa ada upaya untuk mengatasinya, maka yang terjadi proses pembelajaran di rumah tidak maksimal dan peserta didik tidak akan memperoleh capaian kompetensi yang diharapkan. 

Nah, bagi anda yang merasakan hal tersebut dan ingin terhindar dari kebosanan dan tekanan yang ada, saya mencoba berbagi informasi dan masukan kepada anda yang saat ini belajar di sekolah atau di kampus. 

Setidaknya ada enam hal yang saya dapat berikan agar anda tetap semangat belajar di masa pandemi dan tetap berprestasi sehingga membuat bangga orangtua anda. 

Pertama, anda perlu menyadari bahwa belajar itu adalah sebuah kewajiban setiap insan manusia. Allah meninggikan derajat bagi orang-orang yang memiliki ilmu dan Allah akan memberikan pahala. Sebagaimana dikatakan Rasulullah dalam HR. Baihaqi, "Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim." Di hadist lainnya Rasulullah berkata, "Apabila manusia telah mati, maka putuslah pahala amalnya dari tiga yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh yang mendoakan" dalam HR. Muslim. 

Dengan memahami dan mengamalkan apa yang sudah menjadi tuntunan ini, anda akan melaksanakan pembelajaran dengan ikhlas dan bersabar. Kondisi pandemi ini tidak lantas membawa anda menjadi malas dan beralasan tidak mendapatkan ilmu. Namun sebaliknya, banyak berkah dan manfaat ilmu yang dapat diraih.

Kedua, anda dapat membentuk suatu kelompok belajar dalam group Whatsapp (WA). Dengan belajar kelompok, anda akan saling berbagi catatan penting mengenai materi pembelajaran, atau setiap anggota kelompok bisa saling membantu dan mengajarkan jika ada topik atau tugas yang tidak dapat dipahami. Selain itu juga untuk saling mengingatkan dan saling memotivasi jika ada anggota kelompok yang tidak aktif.

Ketiga, anda perlu melakukan komunikasi dengan keluarga dan teman. Cara ini perlu dilakukan agar perasaan jenuh dalam belajar segera hilang. Ada kalanya belajar dan ada kalanya beristirahat. 

Melakukan komunikasi dengan keluarga atau saudara yang berbeda tempat tinggal melalui video call akan memberikan konstribusi semangat agar tidak stress dalam belajar. Menghubungi teman yang menurut anda baik melalui video call juga membantu anda lebih ceria dan semangatbelajar tumbuh kembali.

Keempat, anda dapat melakukan aktivitas lain yang membuat anda senang dan bahagia. Misalnya anda senang memasak atau senang musik, maka salurkan hobi memasak atau musik anda menjadi sesuatu yang lebih kreatif dan bahkan produktif. 

Anda bisa rekam kegiatan memasak anda dan share ke media sosial anda. Demikian juga kepandaian anda bermain musik atau bernyanyi, dapat anda rekam kegiatan anda dan berbagi di media sosial kalian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x