Mohon tunggu...
Yandi Trianandra
Yandi Trianandra Mohon Tunggu... anything about holiday trip.

currently in Lombok.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Savana Propok, Keindahan di Balik Gunung Rinjani

30 Januari 2021   11:01 Diperbarui: 30 Januari 2021   11:20 200 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Savana Propok, Keindahan di Balik Gunung Rinjani
Foto: Yandi Trianandra

Savana Propok, mungkin teman-teman ada yang baru mendengar namanya atau ada yang pernah sampai ke destinasi wisata di Lombok NTB, Savana Propok sendiri terletak di pedalaman Rinjani bagian Tenggara. Pemandangan di Taman Nasional Gunung Rinjani ini bisa dibilang tidak ada habisnya, Terutama di Lombok Timur yang terdapat banyak sekali tempat wisata. Gunung Rinjani sendiri memang sudah terkenal hingga mancanegara. Namun ada tempat wisata yang tersembunyi yang memang belum banyak orang yang mengetahuinya karena kurangnya promosi dari Savana Propok sendiri.

Dan seperti yang kita ketahui, kegiatan mendaki sudah menjadi salah satu trend di kalangan kaum milenial sekarang untuk mengisi kekosongan waktu mereka. Walaupun itu hanya dilakukan selama satu atau sampai dua hari untuk mengisi waktu liburan. 

Perjalanan ke Savana Propok terbilang menyenagkan karena para pengunjung bisa merasakan udara yang sangat sejuk saat melewati hutan, dan hal tersebut membuat pengunjung menjadi tidak merasa kelelahan saat mendaki. 

Sebelum mendaki para pengunjung terlebih dahulu harus membayar tiket masuk ke Savana Propok, untuk satu pendaki dikenakan biaya sebesar Rp15.000 dan jika menggunakan kendaraan bermotor, kita harus membayar biaya sebesar Rp10.000 untuk parkir kendaraan. biayanya masih terbilang murah, dengan uang Rp25.000, kita sudah bisa masuk ke kawasan pendakian wisata Bukit Savana Propok dan menjelajah keindahan pesona Savana Propok. 

Dari Parkiran sampai ke pelawangan Bukit Savana Propok ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam saja, namun para pendaki yang santai sambil menikmati keindahan, memerlukan waktu sekitar 4-5 jam dan setelah itu sampai di lembah bukit. 

Sesampainya di pelawangan terdapat tiga jalur yang bisa dipilih. apabila mengambil jalan ke arah kiri, pendaki akan sampai di Bukit Kondo. Kemudian kalau memilih jalur selatan akan sampai langsung ke Bukit Savana Propok. Sementara jika langsung turun akan menuju pada kawasan perkemahan Padang Savana yang terbilang cukup luas dengan hamparan savana yang membentang luas serta ditumbuhi rumput dan ilalang.

Foto: Yandi Trianandra
Foto: Yandi Trianandra
Bukit Savana Propok ini menjadi salah satu bukit yang terbilang masih baru di mata para pendaki atau pengunjung, dan bukit ini juga sangat cocok untuk para traveler yang tidak bisa mendaki Gunung Rinjani ataupun bukit-bukit lainnya. 

Camping di Bukit Savana Propok juga dapat menjadi pilihan terbaik karena paginya, pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan matahari terbit yang mulai menyinari Puncak Rinjani dan perlahan turun menyinari kawasan Savana Propok. Dan kabut tipis yang menyelimuti savana mulai menghilang dan memunculkan pemandangan dari Gunung Rinjani yang indah. 

Foto: Yandi Trianandra
Foto: Yandi Trianandra

Selepas Pandemi Covid-19, destinasi ini bisa menjadi rekomendasi yang menarik untuk teman-teman yang ingin mendaki. 

VIDEO PILIHAN