Mohon tunggu...
Trian Ferianto
Trian Ferianto Mohon Tunggu... Blogger

Menulis untuk Bahagia. Penikmat buku, kopi, dan kehidupan. Senang hidup nomaden: saat ini sudah tinggal di 7 kota, merapah di 5 negara. Running my blog at pinterim.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Income Pentagon Formula: Strategi Saya Mengelola Keuangan yang Terbatas

25 Juli 2019   15:11 Diperbarui: 25 Juli 2019   15:23 0 1 0 Mohon Tunggu...
Income Pentagon Formula: Strategi Saya Mengelola Keuangan yang Terbatas
Foto cuplikan bagan Income Pentagon dari Buku Income Pentagon karya Lyra Puspa | Dok. pribadi

Saya seorang kepala keluarga dengan dua anak putri yang belum sekolah. Berusia baru menginjak 30 tahun. Istri saya seorang fulltime mom di rumah. Termasuk generasi sandwich karena perlu berbakti secara finansial untuk orang tua. Tanpa bayangan mendapat warisan, tanpa pendidikan finansial modern saat kecil, dan tanpa 'sabuk pengaman financial' selain harus saya siapkan sendiri.

Seperti ini caraku berpartisipasi menjaga stabilitas sistem keuangan:

Saya sadar harus mulai melek finansial sencara mandiri sebagai wujud syukur saya mendapatkan rezeki keuangan agar mengalir ke tempat yang benar dan bertanggungjawab.

Ada beragam strategi atau formula mengelola keuangan, namun saya memutuskan mulai disiplin menerapkan Income Pentagon Formula yang saya rasa paling cocok dengan kondisi saya.

Secara singkat, Income Pentagon Formula adalah cara mengelola keuangan yang kita miliki dan dialokasikan dalam lima (penta) jalur sumber pendapatan baik aktif maupun pasif, yakni: gaji, bisnis, investasi keuangan, emas, dan properti. Formula ini saya dapatkan dari buku Income Pentagon -- Rahasia mapan finansial berapapun tingkat pendapatan Anda karya Lyra Puspa dari Vanaya Coaching Institute. Saat menerapkannya, tentu saya melakukan beberapa modifikasi dan pengayaan agar semakin cocok dengan kondisi saya.

Berikut ini saya ceritakan bagaimana saya melakukan, termasuk layanan apa yang saya gunakan.

Untuk memudahkan simulasi, anggap penghasilan kita 10 juta rupiah. Tenang, angka ini bisa disesuaikan dengan tingkat pendapatan Anda. Tentu memang semakin besar jumlah, tingkat keleluasaan kita dalam mengatur akan semakin mudah.

1. Gaji

Sebagai generasi usia produktif, tentu sebagian besar kita mengandalkan gaji sebagai penghasilan utama. Maka dari itu kita mulai dari sini untuk mengatur finansial, sekaligus kita kondisikan agar dengan segera dan cepat memenuhi Income Pentagon kita.

Saya membagi besaran simulasi angka 10juta kedalam pos-pos seperti ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4