Tria Indah S
Tria Indah S Freelance

Masih belajar menangkap kegelisahan untuk dituangkan menjadi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan

Hay Ramadhan 1439 H

15 Mei 2018   20:30 Diperbarui: 15 Mei 2018   23:25 140 0 0
Hay Ramadhan 1439 H
kembar.pro| Niat puasa ramadhan dan doa buka puasa

"Kerinduan aroma seribu bulan

Nuansa yang kental manis beribadah

Tua muda memakmurkan mesjid

Menahan lapar dahaga nafsu amarah  

Keindahan yang tercipta di bulan penuh ampunan"

-Hay Ramadhan-


Malam menyambut datangnya bulan suci ramadhan diramaikan dengan berita keputusan sidang isbat. Hasilnya dijadikan patokan dalam mengawali bulan Ramadhan. Ramadhan 1439 H diputuskan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. 

Besok lusa semua umat muslim akan melaksanakan sahur perdana, jadi untuk menyambutnya jangan lupa untuk Menyiapkan makanan sahur yang akan disantap atau setidaknya sudah memutuskan akan makan apa. Ketimbang pas bangun sahur telat terus bingung apa yang dimakan ya kan,

Berbicara soal telat siapkan perlengkapan tambahan seperti Stel Alarm Jam Atau Minta Dibangunkan walaupun setiap mendekati waktu sahur ada pasukan Obrog yang akan meramaikan suasana di pagi buta, usahakan untuk menyiapkan berbagai kemungkinan dari mode sulit dibangunkan. 

Sayang loh klo melewatkan sahur karena Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda,

"Makan sahurlah karena dalam makan sahur terdapat keberkahan"

(HR.Bukhari dan Muslim)

Nikmatnya bulan Ramadhan ya seperti ini baru melaksanakan Sahur saja sudah dilimpahkan keberkahan. Apalagi jika sebulan penuh menjalankan semua ibadah baik wajib maupun sunah ya,

Bekal untuk sebulan ingat ya untuk mengucapkan Niat, hukum mengucapkan doa niat sebelum menjalankan puasa Ramadhan adalah wajib. Mengucapkan doa niat puasa Ramadhan bisa dilakukaan saat shalat tarawih atau sebelum waktu imsak tiba.

Membaca doa berbuka puasa ketika adzan maghrib berkumandang, hukumnya sunah. Lalu yang terpenting dari doa niat puasa Ramadhan yaitu segala ibadah ditujukan kepada Allah SWT dan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan dua kebajikan yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertemu dengan Allah SWT.

Lahirkan kebaikan setiap harinya, salam Ramadhan.