Mohon tunggu...
TRIA ILHAM ERDIANTO
TRIA ILHAM ERDIANTO Mohon Tunggu... BISMILLAH

Only God Can Stop Us

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Jangan Abaikan Pariwisata

15 Juli 2019   13:55 Diperbarui: 15 Juli 2019   14:02 0 1 0 Mohon Tunggu...

Jangan Abaikan Pariwisata

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki banyak pulau dan memiliki sumber daya alam yang harus dimanfaatkan dengan baik, karena nantinya akan memberikan keuntungan yang sangat besar pada semua sektor. Sesuai dengan adanya UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang otonomi daerah, pemerintah daerah mempunyai kewenangan untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri. Setiap daerah dapat menggali potensi yang bisa dikembangkan, sehingga perkembangan sektor pariwisata akan menarik sektor lain untuk berkembang seperti sektor pertanian, peternakan, perkebunan, kerajinan rakyat dan lain-lain.

Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki destinasi pariwisata yang sangat menjanjikan dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan pembangunan perekonomian serta dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Sektor pariwisata sangat dimungkinkan karena ketersediaan berbagai potensi pariwisata serta harus adanya dukungan pemerintah daerah dalam bentuk regulasi. Pariwisata sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata yang pastinya berdampak langsung pada Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata. 

Menurut saya, potensi tersebut masih belum dikelola secara optimal agar dapat meningkatan ekonomi masyarakat dan destinasi Pariwisata tersebut membutuhkan promosi agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo harus membuat strategi promosi melalui semua media baik media cetak maupun media elektronik serta Pemerintah Kabupaten Sidoarjo harus berupaya secara maksimal dalam anggaran di bidang pariwisata karena pariwisata daerah merupakan aset yang dimiliki serta bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo harus bekerja sama dan saling bahu membahu dengan semua pihak untuk menjadikan Sidoarjo sebagai destinasi wisata di Jawa Timur.

Tria Ilham Erdianto
Mahasiswa Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo