[caption id="attachment_339639" align="aligncenter" width="604" caption="Ilustrasi/ Kompasiana (Tribunnews)"][/caption]
Bandara Juanda Surabaya kini memiliki dua terminal yaitu terminal 1 untuk penerbangan domestik seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia dan sebagainya. Sedangkan terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik khusus maskapai Garuda Indonesia, Air Asia dan Tiger Mandala. Terminal 2 resmi beroperasi per 14 Februari 2014.
Jarak kedua terminal ini, satu sama lain lumayan jauh kalau berjalan kaki. Untuk melakukan perpindahan dari satu terminal ke terminal lainnya memerlukan waktu sekitar 20 menit berkendaraan untuk mencapainya. Saya tidak tahu apakah pihak bandara menyiapkan armada khusus untuk pergerakan penumpang antar terminal.
Berbicara tentang terminal 2, seminggu yang lalu saya melakukan perjalanan melalui terminal ini. Kondisi bangunan yang baru sudah tentu terlihat bersih dan terawat. Namun pembangunannya masih belum tuntas. Terminal 2 sebenarnya merupakan terminal lama yang telah direnovasi ulang. Lokasinya sudah masuk wilayah Surabaya bila dibandingkan dengan terminal 1 yang lebih dekat dengan Sidoarjo.
Penempatan sebagian maskapai di terminal 2, menyebabkan terminal ini terlihat lengang. Sama halnya dengan kondisi terminal 1 yang menjadi terlihat lebih sepi dari biasanya. Meskipun begitu, terminal 2 terlihat lebih modern dengan berbagai fasilitas pendukungnya.
Sambil menunggu waktu keberangkatan yang masih sekitar 2 jam, saya berkesempatan memperhatikan fasilitas-fasilitas yang tersedia di terminal 2. Saya cukup kagum. Terminal ini memiliki fasilitas layaknya bandara internasional di luar negeri.
[caption id="attachment_327032" align="aligncenter" width="609" caption="Customer Service di area loby"]
Memasuki gedung terminal 2, pengunjung akan langsung melihat ruangan loby dengan counter Customer Service berada di tengah ruangan. Pengunjung selain penumpang pesawat masih boleh memasuki ruangan ini alias loby masih merupakan area bebas. Di arah kanan pintu merupakan area kedatangan tempat pengambilan bagasi, sedangkan area keberangkatan berada di sebelah kiri jika baru memasuki gedung. Di area loby ini terdapat deretan toko dari toko pakaian, toko komputer, toko oleh-oleh hingga tempat makan. Sebut saja, toko komputer, Starbuck, Roti-O, Pujasera (berisi makanan seperti burger, soto, warung Padang, dll), bon-bon foyage dan lain sebagainya. Pengunjung dapat menikmati waktu tunggu sambil melihat-lihat ataupun membeli sesuatu di area loby.
[caption id="attachment_327026" align="aligncenter" width="502" caption="Pojok taxi dan rent car service terminal 2 bandara Juanda Surabaya"]
Selain toko-toko tersebut, tepat di samping kanan pintu masuk, terdapat pojok taxi and rent car service. Area ini diperuntukkan bagi penumpang pesawat yang baru saja tiba. Ada 4 buah mesin yang berdiri di pojok ini. Mesin-mesin tersebut berguna untuk menampilkan beberapa rekanan yang menyewakan kendaraannya dengan berbagai jenis armada dan tujuan serta harga. Sangat mudah menggunakannya. Cukup menyentuh nama salah satu rekanan untuk melihat armada yang ada dengan area tujuan. Lalu akan muncul berbagai jenis armada yang ditawarkan. Pilihlah armada sesuai keinginan.Jika sudah menemukan armada yang ingin digunakan, tempat tujuan dan cocok dengan harganya, tekan tombol pilih. Maka dari mesin akan muncul receipt yang dapat diberikan kepada petugas di counter sebelah mesin. Silahkan langsung membayar di tempat. Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin tersebut, silahkan bertanya pada petugas yang akan dengan senang hati membantu.
Selepas area loby adalah area cek in khusus penumpang pesawat. Area ini dibedakan menjadi 2 tempat. Khusus gerbang/gate 1 letaknya di sebelah Starbuck, sedangkan gerbang/gate 2 s/d 9 berada di ujung sebelah kiri loby. Petugas sudah siap menghadang menanyakan tiket di depan area ini. Memasuki ruang cek in tampak layar besar di tengah ruangan yang menampilkan denah terminal untuk mengetahui keberadaan diri kita. Counter-counter tertata rapi di pinggir ruangan dan tidak seluruhnya terpakai.