Mohon tunggu...
Tria Aulia
Tria Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara, Medan

Silakan berkunjung ke blog pribadi saya di https://www.officialteak.site Mari belajar bersama dan saling berbagai ilmu:)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia

14 Agustus 2020   22:12 Diperbarui: 7 April 2021   10:42 7442 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Manusia
ilustrasi tumbuh kembang manusia. sumber: pexels.

Konsep Dasar Perkembangan Pengertian Pertumbuhan, Kematangan, dan  Perkembangan Pertumbuhan (growth) ialah berkitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ, maupun individu, yang dapat diukur dengan ukuran berat (gram, pou) ukuran panjang (cm, inchi), umur tulang, dan keseimbangan metabolis (retensi kalsium dan nitrogen tubuh).

Teori Pertumbuhan 

  1. Pertumbuhan pada umumnya dibatasi pada perubahan structural dan fisiologis (kejasmanian) dalam pembentukan seseorang secara jasmaniah dari saat masih berbentuk konseptual (janin) melalui periode-periode prenatal (dalam kandungan) dan post nata (setelah lahir) sampai kedewasaannya. (L.Crow & A. Crow dalam Abd. Abror1989) 
  2. Pertubuhan adalah proses perubahan yang berhubungan dengan kehidupan jasmaniah individu. (E. Usman Efendi & Juhaya, S. Praja, 1985) 
  3. Pertumbuhan  adalah proses perubahan alamiah secara kuantitatif  pada segi jasmaniah atau fisik. (Lefancois, 1975, dalam Abin Syamsudin 1996) 
  4. Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat dalam perjalanan waktu tertentu. (H. Sunarto & Ny. B Agung Hartono, 1995) Kematangan (maturity) adalah suatu keadaan atau kondisi bentuk struktur dan fungsi yang lengkap atau  dewasa  pada suatu organisasi, baik terhadap satu sifat. Kematangan membentuk sifat dan kekuatan dalam diri untuk bereaksi dengan cara tetentu yang disebut "readiness" yang berupa tingkah laku, baik tingkah laku yang instingtif maupun tingkah laku yang dipelajari. 

Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang   lebih kompleks dalam pola yang teratur dan  dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Perkembangan menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ, dan system organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-masing dapat terpenuhi fungsinya. Termasuk perkembangan emosi, intelektual, dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungan.

Tingkat Pertumbuhan dan Perkembangan pada Berbagai Usia

1. Masa Konsepsi Sampai Remaja 

  • Masa Prenatal

Masa ini berkangsung sejak terjadinya konsepsi atau pertemuan sel bapak-ibu sampai lahir kira kira 9 bulan 10 hari atau 280 hari. Masa sebelum lahir dibagi menjadi 3 periode: * Periode telur/ zygote * Periode embrio * Periode janin / fetus

  • Masa Bayi Baru Lahir

Masa ini dimulai dari sejak bayi lahir hingga bayi berusia 10-15 hari. Dalam perkembangan manusia masa ini merupakan fase pemberhentian (plateau stage) artinya masa tidak terjadi pertumbuhan/perkembangan.

  • Masa Bayi

Masa ini dimulai dari usia 2 minggu hingga 2 tahun. Masa bayi ini dianggap periode kritis dalam perkembangan kepribadian karena merupakan periode dasar dasar untuk kepribadian dewasa pada masa ini diletakkan. Bayi merupakan manusia yang baru lahir sampai berumur 24 bulan, namun tidak ada batasan yang pasti.

  • Balita

Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi sebelum anak awal. Rentang usia balita dimulai dari usia 2 tahun hingga 5 tahun. Periode usia ini disebut juga usia prasekolah.

  • Masa Kanak-Kanak Awal

Masa kanak-kanak berawal dari usia 2 tahun sampai 6 tahun. Masa ini dikatakan usia prakelompok, karena pada masa ini anak-anak mempelajari dasar perilaku social sebagai persiapan bagi kehidupan social yang lebih tinggi yang diperlukan untuk penyesuain diri pada saat masuk SD.

  • Masa Kanak-Kanak Akhir

Akhir masa kanak-kanak atau masa anak sekolah ini berlangsung dari umur 6 tahun bingga 12 tahun. Srlanjutnya Kohnstam menamakan masa kanak-kanak akhir atau masa anak sekolah ini sebagai masa intelektual, dimana anak-anak telah siap untuk mendapatkan pendidikan disekolah dan perkembangannya berpusat pada aspek intelek.

  • Masa Remaja

Masa remaja berawal dari usia 11 atau 12 tahun hingga 15 atau 16 tahun. Kriteria yang digunakan untuk menentukan masa remaja/masa puber adalah haid yang pertama kali bagi anak perempuan dan mimpi basah pada anak laki-laki. Ada 4 perubahan tubuh yang utama pada masa remaja/masa puber: 

* Perubahan besarnya tubuh 

* Perubahan proporsi tubuh 

* Petumbuhan ciri-ciri seks primer 

* Perubahan pada ciri-ciri seks sekunder.

2. Masa Dewasa Awal - Dewasa Menengah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x