Mohon tunggu...
Tri Fithria Ningsih
Tri Fithria Ningsih Mohon Tunggu...

Mahasiswi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pontianak Kampus Sintang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Aktivitas Fisik dan Dampak yang Ditimbulkan

25 April 2019   22:56 Diperbarui: 9 Mei 2019   10:18 4502 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aktivitas Fisik dan Dampak yang Ditimbulkan
https://tse1.mm.bing.net/th?id=OIP.oSHc0GQf7kN7kEwOQWaVpwHaHa&pid=15.1&P=0&w=300&h=300

Aktivitas fisik adalah kegiatan menggerakkan anggota tubuh yang membuat otot beserta rangka tubuh kita bergerak dan denyut jantung meningkat, sehingga darah dan oksigen dapat disalurkan dengan baik keseluruh tubuh.

Ada tiga tingkatan aktivitas fisik yang dapat dilakukan :

1. Aktivitas Ringan

Kegiatan yang dilakukan pada aktivitas ringan  tidak memerlukan tenaga yang banyak, seperti berjalan kaki, menyapu lantai, mencuci baju, mencuci piring, berdandan, bermain, dan bahkan duduk santai.

2. Aktivitas Sedang

Kegiatan yang dilakukan pada aktivitas sedang  membutuhkan cukup tenaga, seperti berenang, bersepeda, bermain musik, dan jalan cepat.

3. Aktivitas Berat

Kegiatan yang dilakukan pada aktivitas berat membutuhkan banyak tenaga dan kekuatan, sehingga lebih banyak mengeluarkan keringat, seperti berolahraga (berlari, bermain sepak bola, senam aerobik, dan beladiri).

Aktivitas fisik harus disesuaikan dengan kondisi tubuh tiap orang . Dengan kata lain, perlu dilakukan kesesuaian atau kecocokan antara aktivitas fisik yang dilakukan dengan kondisi tubuh seseorang.

Dampak yang ditimbulkan  atas aktivitas fisik  :

1. Apabila dilakukan secara berlebihan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan, diantaranya dapat menyebabkan osteoarthritis, kesehatan mental, masalah menstruasi, hingga kelelahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x