Mohon tunggu...
Martina Hartani
Martina Hartani Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Pendidikan

Mathematics lover

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ratusan Gen Z Jember, Sepakat Cegah Hoaks Pemilu

17 November 2023   10:23 Diperbarui: 17 November 2023   15:27 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
"Sekolah Kebangsaan Smk 1 Pancasila Ambulu (dokpri)"

Pada hari Sabtu, 11 November 2023 di gedung CoE yang berada di lantai 2 SMK 1 PANCASILA AMBULU telah dilaksanakan program “TularNalar” yang di gagas oleh Komunitas Anti Hoax Jember dan didukung oleh MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dan Google.Org. Acara ini dihadiri oleh ratusan Gen Z yang berasal dari 4 SMA/Sederajat yaitu SMK 1, 3, 4 dan SMA Pancasila, serta perwakilan dari 4 perguruan tinggi yaitu Universitas Jember, UIN KH Achmad Siddiq, Universitas Muhammadiyah Jember dan STIA PEMBANGUNAN JEMBER. Acara ini berlangsung mulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan tujuan untuk menangkal hoax dalam pelaksanaan pemilu.


Acara yang berjudul "Sekolah Kebangsaan", dengan tagline wes wayahe #GenZBisaMilih, tentunya berkaitan dengan agenda pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024. Dengan adanya acara ini, Gen Z akan mendapatkan paparan mengenai cara  menanggapi hoax yang tersebar melalui media sosial ataupun media lainnya yang berkaitan dengan kabar pemilu. Program Tular Nalar ini tidak ada kaitannya dengan partai politik mana pun. Jadi Gen Z bisa bebas menentukan pilihan mereka.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam. Dibuka dengan menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Ibu Luluk Farida S,Sos., selaku kepala sekolah SMK 1 PANCASILA dan diakhiri dengan sambutan panita penyelenggara. Selain itu adanya penampilan tari gambyong dari ekskul tari Adine Abinawa  juga turut menyemarakkan kegiatan tersebut.

"Sekolah Kebangsaan Smk 1 Pancasila Ambulu (dokpri)"


Terbagi 4 segmen pada acara ini, yaitu: Pemilu, Demokrasi, Pengindraan Hoax, dan Sanksi. 105 peserta dalam acara ini dibagi menjadi 10 kelompok dengan masing-masing terdiri dari satu fasilitator. Fasilitator merupakan guru dari SMK 1 PANCASILA serta dibantu oleh kakak – kakak dari perwakilan perguruan tinggi di Kota Jember yang tentunya sudah paham tentang mekanisme pelaksanaan pemilu dan sudah pernah mengikuti pemilu di tahun - tahun sebelumnya.   Di setiap pergantian segmen dalam acara ini diselingi dengan games, ice breaking dan kegiatan lainnya yang bisa menghilangkan rasa bosan para peserta program Tular Nalar ini. Peserta begitu enjoy mengikuti kegiatan ini.
Program yang tergolong pelatihan literasi digital ini dilaksanakan di sekolah yang memiliki 2 jurusan yaitu akuntansi dan bisnis digital, dan di tahun depan membuka jurusan baru yaitu Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut, yang dimana jurusan tersebut jarang ada di kota Jember.

"Sekolah Kebangsaan Smk 1 Pancasila Ambulu (dokpri)"


Tepat pada pukul 12.00 segmen demi segmen telah dilalui. Setelah diawal peserta mengsisi pre test diawal acara para peserta diminta untuk mengisi post test di segmen terakhir, memberikan ungkapan tentang acara sekolah kebangsaan yang di tulis pada kertas yang sudah di sediakan panitia kemudian ditempel pada lembaran kertas besar pada dinding di ruangan.  Setelah itu para peserta di beri bingkisan berupa goodie bag yang berisi T-shirt dan sertifikat di dalamnya. Tersirat raut wajah senang serta bahagia dari ratusan Gen Z yang mengikuti program ini dan panitia juga menyediakan makan siang berupa nasi kotak yang bisa mereka makan di ruangan atau di bawa pulang ke rumah.
Salah satu peserta yang berasal dari SMK 4 PANCASILA bernama Hadi Candra Sukrisna menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi para Gen Z Karena bias berinteraksi dengan teman-teman baru dan juga dijelaskan mengenai cara menaggapi berita agar tidak mudah terpengaruh hoax tentang kabar pemilu yang sedang marak saat ini, serta lebih memperhatikan asal sumber berita tersebut.

"Sekolah Kebangsaan Smk 1 Pancasila Ambulu (dokpri)"


Setelah melihat dan membaca ungkapan-ungkapan yang ditulis oleh para peserta di lembar refleksi, mereka banyak yang menginginkan untuk diadakan kembali acara tular nalar ini di lain  hari karena sangat seru dan bisa menjadi wadah untuk menambah wawasan ilmu tentang demokrasi, serta menambah teman baru dari sekolah ataupun perguruan tinggi.
See you di acara Tular Nalar “Sekolah Kebangsaan” berikutnya…

"Sekolah Kebangsaan Smk 1 Pancasila Ambulu (dokpri)"


#Tular Nalar
#Sekolah Kebangsaan
#WesWayahe #GenZBisaMilih
(gdl)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun