Mohon tunggu...
AZIZ Khoir
AZIZ Khoir Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Travel

Air Terjun Ringin Gantung

14 Maret 2019   22:33 Diperbarui: 14 Maret 2019   22:42 0 0 0 Mohon Tunggu...

Berdasarkan namanya "ringin gantung", air terjun sumber ringin gantung berarti air terjun yang dari sumbernya terdapat pohon beringin yang menggantung di sekitaran tebingnya.  Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung akan menyaksikan air terjun yang mempesona di sela-sela pohon beringin yang menggantung di tebing. Air terjun yang unik ini terletak di desa Duwet Krajan, salah satu desa di kecamatan Tumpang, Malang.

Rute Menuju Air Terjun Sumber Ringin Gantung
Air terjun sumber ringin gantung terletak  di lereng Gunung Bromo dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Semeru. Lokasi air terjun ini juga tidak jauh dari air terjun sumber pitu karena berada dalam satu desa yang sama. Untuk menuju lokasi air terjun ini, jika dari Malang arahkan kendaraan menuju wisata Gunung Bromo. Jika dari arah Surabaya kalian bisa menggunakan Travel dari Surabaya ke Malang. Setelah itu Baru kalian menuju ke arah kawasan wisata Gunung Bromo.

Bergeraklah menuju Tumpang dan mengarah ke Desa Duwet Krajan. Untuk sampai ke pasarnya, pengunjung harus melewati pasar Gubuk Klakah dan akhirnya bertemu dengan Balai Desa Duwet Krajan. Disinilah, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan dan berjalan kaki dengan rute yang cukup menantang. Ada dua rute yang dapat ditempuh dengan jarak 2 km, yaitu arah kanan dengan berjalan kaki dan arah kiri menggunakan tangga darurat yang terbuat dari bambu. Atau mungkin jika kalian tidak mau ribet dengan rute yang sudah di jelaskan tadi.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Wisata Air Terjun Sumber Ringin Gantung
Air terjun yang terletak di Malang ini masih belum banyak dikenal di kalangan wisatawan, harga tiket masuknya pun gratis. Hanya saja ada beberapa di kalangan masyarakat yang meminta sumbangan seikhlasnya untuk biaya perbaikan jalan menuju lokasi tersebut. Dikarenakan wisata alam ini masih tersembunyi dan minim wisatawan, fasilitas yang tersedia pun masih minim.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Sumber Ringin Gantung
Menikmati pesona keindahan alam dengan rute perjalanan yang cukup menantang, memang memiliki daya tarik tersendiri bagi seorang 'traveller'. Sejuk dan segarnya udara pegunungan tentu akan mengikis semua rasa penat dari dunia pekerjaan. Jika tertarik dengan wisata Malang yang satu ini, berikut ada beberapa tips agar tidak aman dan menyenangkan ketika berkunjung kesini.

1. Hindari Berkunjung Saat Musim Hujan
Untuk sampai ke lokasi, pengunjung harus melewati perkebunan cengkeh, hutan bambu, sawah hingga tangga darurat yang terbuat dari bambu lebih kurang 40 meter. Sudah terbayang bukan bagaimana akses jalannya jika datang di musim hujan?

2. Siapkan Fisik Dan Berhati-hati
Untuk sampai ke air terjun ringin gantung ini, pengunjung harus melewati rute perjalanan yang cukup menantang dan melelahkan. Jadi siapkan fisik yang kuat dan sehat dan berhati-hatilah dalam perjalanan.

3. Siapkan Perlengkapan
Wisata air terjun ringin gantung ini masih minim dengan fasilitas yang tersedia, jadi siapkan semua perlengkapan atau kebutuhan sebelum berangkat. Pasalnya, di tempat wisata ini pengunjung tidak akan menemukan warung ataupun tempat makan.

4. Datanglah Di Waktu Pagi Atau Siang
Jika berkunjung ke air terjun ringin gantung, pengunjung dapat sekaligus menikmati wisata air terjun sumber pitu karena lokasinya berdekatan. Untuk itu datanglah lebih awal agar dapat menikmati dua wisata ini sekaligus.
Itulah beberapa ulasan mengenai rute menuju air terjun sumber ringin gantung serta tips-tips berwisata ke air terjun yang indah ini. Datanglah tidak saat musim hujan, karena jalanan akan licin dan berbahaya apalagi jika pengunjung memilih rute melewati tangga bambu.

Penulis Artikel: Travellora.net