Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

"Perumahan Jokowi", Magnet Pekerja Mendapatkan Rumah Baru Impian

12 Agustus 2020   15:19 Diperbarui: 12 Agustus 2020   16:03 36 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Perumahan Jokowi", Magnet Pekerja Mendapatkan Rumah Baru Impian
Saatnya memiliki rumah idaman dengan KPR bersubsidi dari Pemerintah Republik Indonesia(dokpri)

Kontrakan Seribu Pintu adalah istilah yang lazim dikenal di daerah kabupaten Bekasi, merujuk banyaknya bangunan yang disewakan, dengan biaya sewa alias ngontrak mulai dari lima ratus ribu rupiah, tak pelak lagi kontrakan menjadi pilihan bagi para pekerja yang belum memiliki rumah, hidup mengontrak bagi para pekerja adalah keniscayaan.

Dengan memiliki 7 kawasan  industri yang memiliki luas total 4975 hektare dan terbesar se Asia Tenggara, data Badan Pusat Statistik Sakernas 2018 menyebutkan jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Bekasi mencapai 2.657.913 jiwa, serta yang telah bekerja mencapai 1.472.432 jiwa.

Dari data tersebut bisa di simpulkan untuk kebutuhan hunian bagi para pekerja adalah sebuah keniscayaan, lagi pula tidak ingin juga sih selamanya berada di kontrakan, keinginan memiliki rumah adalah mimpi lain para pekerja, sekecil apapun luas rumah adalah hal yang paling membahagiakan dengan cara memilikinya, meski harus menempuh waktu dengan cara mencicilnya.

Sandang, Pangan serta Papan yang merupakan kebutuhan pokok manusia pada umumnya, cukup makanan, layak berpakaian dan juga mempunyai hunian adalah pemenuhan yang mutlak bagi masyrakat.

Beruntung pemerintahan Indonesia memiliki program unggulan yakni Program Sejuta Rumah yang di canangkan pada tanggal 29 April 2015 oleh presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Salah satu sasarannya adalah bagi masyarakat berpenghasilan rendah mampu memiliki rumah dan ini sejatinya masyarakat tidak serta merta memiliki rumah secara gratisan lho, tapi di harapkan adalah masyarakat memiliki hunian yang layak.

Program 1 Juta Rumah mempunyai pertumbuhan yang mengesankan, di awal pencanangannya pada tahun 2015 telah terbangun rumah sebanyak 699.770 unit dan pada tahun 2019 telah mencapai 1.257.852 unit yang terdiri dari MBR 945.161 dan Non MBR mencapai 312.691. Pada tahun 2020 Program Padat Karya Tunai Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Kemeneterian PUPR menjangkau 4.745 lokasi.

Villa Kencana A.K.A "Perumahan Jokowi" Yang Populer Di Daerah Cikarang

Perumahan Vila Kencana yang kerap disebut
Perumahan Vila Kencana yang kerap disebut "perumahan Jokowi"(dokpri)
Bang Aan yang merupakan koordinator marketing perumahan Villa Kencana  menceritakan betapa hebohnya warga Ciarang kedatangan orang nomor satu di republik ini saat meresmikan perumahan Villa Kencana pada tanggal 4 Mei 2017, saat itu Joko Widodo yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Basuki Hadimuljono.

Satu berkah bagi warga Cikarang dan sekitarnya bisa bertatap muka langsung, namun yang bikin berbunga bunga adalah pemerintah telah menyiapkan subsidi melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, dengan uang muka hanya 1% maka masyarakat bisa mendapatkan rumah impian. Keberadaan perumahan Villa Kencana Cikarang adalah anugerah indah bagi kaum pekerja yang berada di sekitar wilayah kabupaten Bekasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN