Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Blogger Vlogger Buzzer Aktifis Buruh

Blogger,Vlogger, Buzzer,Aktifis Buruh

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Berharap Prestasi Cemerlang antara Sea Games dan BWF Tour Final 2019

25 November 2019   05:03 Diperbarui: 25 November 2019   05:21 0 2 2 Mohon Tunggu...
Berharap Prestasi Cemerlang antara Sea Games dan BWF Tour Final 2019
Pasangan Hafiz/Gloria akan berlaga di BWF Tour Final(dok:Tribunews.com)

Bulan Desember tahun ini akan menjadi bulan yang penuh perjuangan bagi para punggawa Pelatnas Cipayung, helatan Sea Games dan juga ajang penuh gengsi yakni BWF Tour Final 2019. Tentu saja dua event yang membawa nama bangsa Indonesia khususnya cabang olah raga bulu tangkis adalah pertaruhan bagi kita semua.

Kita pun tetap berharap di dua event ini, atlet-atlet Indonesia meraih prestasi yang membanggakan. Jadwal pertandingan bulu tangkis di event multi cabang ini dimulai pada tanggal 1-4 Desember untuk nomor beregu, sedangkan untuk nomor perseorangan akan di gelar pada tanggal 5-9 Desember 2019.

Gelaran BWF Tour Final di mulai pada tanggal 11-15 Desember dan di selenggarakan di Guangzhou, China. Peserta BWF Tour Final adalah para pemain yang menempati peringkat delapan besar yang berhak menuju ke putaran final yang biasanya di gelar pada akhir tahun dan masing masing negara hanya bisa meloloskan dua pemain atau pasangan meski bisa jadi ada tiga pemain atau lebih di peringkat yang telah ditentukan, ini akan menjadi pertandingan penuh gengsi. Point yang di hitung berdasarkan prestasi pemain saat berlaga di turnamen Super 1000, Super 750, Super 500 dan Super 300.

Semakin banyak ikut turnamen dan menjadi juara maka pemain tersebut mempunyai peluang untuk bisa lolos dalam BWF Tour Final. Untuk tahun ini pelaksanaan BWF Tour Final berbarengan dengan Sea Games sehingga perlu strategi khusus agar kedua event ini bisa maksimal prestasinya.

Di nomor tunggal, Indonesia diwakili oleh Jonathan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, andalan tunggal putra ini main juga di ajang Sea Games namun khusus untuk nomor beregu saja.

The Daddies menjadi pasangan ganda putra yang tampil di BWF Tour Final(dok:foxsport.co.id)
The Daddies menjadi pasangan ganda putra yang tampil di BWF Tour Final(dok:foxsport.co.id)
Ganda Putra wakil Indonesia di BWF Tour Final akan diisi oleh Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan juga Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan. Untuk sektor ganda putri, Indonesia kini hanya bisa btergantung pada pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mereka berdua mampu berada BWF Tour Final dianatar dominasi ganda putri yang saat ini dikuasai pasangan China dan juga Jepang. Sayang untuk sektor tunggal putri tak satupun para pemain Indonesia yang mampu menembus peringkat delapan besar dunia.

Ganda campuran akan di wakili oleh Praveen Jordan/Melati Daeva serta pasangan Hafiz Faisal/Gloria Emmanuel Widjaja, pasangan peringkat tiga yang di tempati Praveeb Jordan/Melati Daeva harus berbagi konsentrasi untuk pertandingan Sea Games.

Ketahanan fisik dan mental para pemain Indonesia sepertinya harus di uji dengan pertandingan di dua event dalam waktu yang berdekatan, semoga pasukan Pelatnas Cipayung ini mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Meski event Sea Games bukan bagian dari turnamen Super Series namun ajang multi event antar negara se Asia Tenggara ini pun menentukan peringkat dalam klasemen perolehan medali. Sedangkan BWF Tour Final adalah bukti pencapaian dari rangkaian turnamen Super Series selama setahun terakhir.

Yang siap pastinya akan menuai prestasi, semoga wakil Indonesia di sektor tunggal, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran akan memberikan prestasi yang membanggakan bagi pecandu bulu tangkis Indonesia, sejak dahulu para atlet Indonesia memang kerap menyumbang prestasi dan itu terjadi dari generasi ke generasi, kita tunggu kiprah hebat mereka di dua ajang penting yakni Sea Games dan juga BWF Tour Final, semoga prestasi pun tetap maksimal, Hidup Indonesia!

VIDEO PILIHAN