Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN

FILM "PARASITE" DAN PROFIL KESENJANGAN KITA

12 Februari 2020   18:29 Diperbarui: 12 Februari 2020   18:29
 FILM

P 2018 saat PBB mencatat Korsel sebagai negara dengan perekonomian terbesar nomor 11 dunia, perumahan bagi warga miskin masih jadi masalah yang tak kunjung terselesaikan. Hal serupa juga dialami oleh Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Indonesia pada September 2019 sebesar 9,22 persen. Angka tersebut lebih rendah 0,19 persen dibandingkan periode Maret 2019.

Pemerintah pun berusaha mengurangi angka ini dengan berbagai cara, Program Keluarga Harapan (PKH), misalnya. Kendati begitu, program ini dinilai belum tepat sasaran. Bahkan, pemerintah harus melabeli "keluarga miskin" di tiap rumah yang berhak menerima PKH tersebut.

Kompasianer, bagaimana opinimu mengenai penanganan kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia dewasa ini? Sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh masyarakat miskin dan bagaimana cara penanganan paling ideal menurut kamu? Bagikan opinimu di Kompasiana terkait hal ini dengan menyematkan label Solusi Kesenjangan (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.