Her Wanto
Her Wanto Jurnalis Warga dan pemberdayaan

Pemberdayaan Masyarakat, Pemerhati Anak, Pegiat Sosial, Fasilitator SIPBM, KPMD, FPA, Karang Taruna, Koalisi Kependudukan, FBKTKI, Jurnalis Warga

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan

Es Kelapa Muda Menu Favorit Buka Puasa di Seluruh Nusantara

17 Mei 2018   13:47 Diperbarui: 17 Mei 2018   13:53 638 1 0

Alhamdulillah Romadhon telah tiba. Di tanggal 17 Mei 2018, hari pertama kita sebagai umat muslim bersaum atau berpuasa. Menahan hawa nafsu dari terbitnya fajar diufuk sampai terbenamnya sang Surya di ujung barat. Berpuasa sudah jadi agenda rutin umat muslim di dunia. Ada puasa Sunnah ada puasa wajib, puasa di bulan Ramadhan itu ikutnya wajib, sebagaimana ketentuan telah diatur dalam surat Al Baqarah.

Menahan hawa nafsu berarti sangat luas, kita dituntut untuk menahan diri dari segala pantangan atau yang membatalkan puasa Ramadhan ini. Diantaranya menahan nafsu terhadap lawan jenis, nafsu makan, tahan emosi dan menghindari perbuatan mungkar serta lebih mendekatkan diri kepada Allah sang pencipta alam ini. Karena dibulan suci ini semua perbuatan baik atau amal perbuatan akan diberi ganjaran dua kali lipat.

Otomatis kalau kita menahan nafsu makan, perut yang biasanya jam 12.00 sudah nagih untuk diisi, kini harus menunggu waktu berbuka tiba. Jadi kalau bicara menahan lapar berarti berkurangnya ion tubuh kita saat sedang menjalani puasa. Berdasarkan pengalaman penulis berkeliling Nusantara, hampir menjamurnya dagangan es kelapa muda saat puasa tiba.

Kenapa sic hampir di seluruh Nusantara ditemui penjual es kelapa muda?

Bak jamur di musim hujan, banyak sekali pedagang es dibukan ini baik yang memang berjualan es kelapa sejak lama, maupun yang hanya berniaga dibulan Ramadhan. Berkurangnya stamina dan ion didalam tubuh kita setelah berpuasa seharian penuh. Maka makanan atau minuman pengganti ion tubuhlah sangat dicari. Kelapa muda sudah tidak asing lagi sebagai minuman yang dipercaya dapat menghilangkan dahaga serta mengandung vitamin serta mineral yang sangat banyak.

images-4-5afd28fc16835f09423f6283.jpeg
images-4-5afd28fc16835f09423f6283.jpeg
Berbagai olahan yang berbahan kelapa muda pun bermunculan di bulan yang penuh berkah ini. Ada yang disajikan langsung, ada yang sebagai bahan pelengkap sebuah minuman, ada juga yang diolah menjadi makanan dan minuman seperti nata de Coco dan lain sebagainya.

Kelapa muda memang sangat bagus bagi tubuh kita, bahkan kelapa muda dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sungguh sangat banyak manfaat dari si buah bulat nan kaya nutrisi ini. Bahkan karena saking banyaknya manfaat dibuah kelapa di Indonesia sampai diibaratkan "jadilah engkau seperti kelapa". Ini berarti kelapa dari batang, daun, buah itu sangat bermanfaat.

images-3-5afd26d3bde57579a27edb72.jpeg
images-3-5afd26d3bde57579a27edb72.jpeg
Jadi tidak diragukan lagi mengapa buah kelapa ini menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Yuk kita coba manfaat yang ada didalam buah kelapa.