Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Konsultan - Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sikap Cemen dan Lemah TIPS Pemain Perlahan Diatasi, STy Antar Timnas ke Piala Asia 2023

15 Juni 2022   11:05 Diperbarui: 15 Juni 2022   13:12 222 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


******

"Diremehkan oleh bangsa-nya sendiri," tulis Asnawi sambil membubuhkan gambar tepuk tangan di Instagramnya, mencerminkan siapa Asnawi, tanpa mau melihat fakta dan data realistis tentang dirinya dan Timnas Indonesia 

Bila cerdas, Asnawi malah seharusnya mengucapkab syukur dan berterima kasoh kepada publik sepak bola nasional yang telah mendukung dirinya dan Timnas baik secara positif mau pun yang dipandang negatif.

Pahami, bahwa mensuport secara baik dan positif dengan memuji serta mensuport dengan mengkritik dan sejenisnya, adalah bagian dari dukungan. Jangan jadi nampak bodoh lagi dan sok jadi pahlawan. Perjalanan masih panjang.

******

Janganlah banyak bicara dan bertindak tanpa berpikir, melangkah pakai kacamata kuda hingga nampak bodohnya. Berbicaralah, menulislah, melangkah, berbuat, bergerak, bertindak, bekerja, berusaha dengan perhatikan pondasi fakta dan data, jadi nampak kompeten, ilmiah, dan kecerdasannya.

(Supartono JW.15062022)

Sebelum laga antara Timnas Indonesia vs Timnas Nepal, saya tidak menulis prediksi. Pasalnya, saya sudah yakin bahwa Pasukan Garuda akan mampu mengatasi Nepal, bukan hanya berdasarkan fakta ranking FIFA, tetapi juga dengan melihat catatan matematis dan statistik semua laga di Grup A yang sudah dilalui.

Benar, Pasukan Garuda mampu melesakkan dua gol saat Nepal masih dihuni 11 pemain. Setelah Nepal kehilangan 1 pemain, maka wajar menjadi bulan-bulanan pasukan STy hingga menang 7-0.

Atasi Cemen, teknik, dan speed

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan