Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat dan Praktisi

Mengalirdiakunketiga05092020

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tentang Menghormati dan Menghargai

20 April 2021   07:25 Diperbarui: 20 April 2021   07:30 194 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Menghormati dan Menghargai
Ilustrasi Supartono JW


Menghormati, menghargai yang manusiawi, bukan memanfaatkan. (Supartono JW20042021).

Untuk mengetahui apakah saya orang yang menghargai dan menghormati diri sendiri, orang lain, dan apa pun kegiatan atau pekerjaan atau hobi dan lainnya, berikut coba saya identifikasi beberapa hal yang saya padukan dari berbagai literasi dan terutama pengalaman pribadi, berdasarkan pemikiran ilmiah, hingga humaniora, ilmu budaya, ilmu yang mempelajari tentang cara membuat atau mengangkat manusia menjadi lebih manusiawi dan berbudaya. Humaniora biasa disebut artes liberales (bahasa latin) yaitu studi tentang kemanusiaan. 

Berikut adalah identifikasinya saat saya kembali bertanya kepada diri saya sendiri. Pertanyaannya, di antaranya:

(1) Apakah saya orang yang paham dan tahu betul tentang tema, judul, latar belakang, tujuan, visi misi, sasaran, dan kesimpulan hingga manfaat dari kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(2) Apakah saya orang yang sudah mengkalkulasi baik-buruk, kelebihan-kekurangan, halal-haram, manfaat-bahaya dll dari kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(3) Apakah saya orang yang mencatat setiap kegiatan yang akan dilakukan baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain, bahkan ingat dan hafal?

(4) Apakah saya orang yang komitmen pada kegiatan yang akan atau sudah diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(5) Apakah saya orang yang komunikatif bila  terlambat atau berhalangan hadir pada kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(6) Apakah saya merasa tidak enak atau merasa bersalah bila tidak komit dan tidak komunikatif saat terlambat atau berhalangan hadir pada kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(7) Apakah saya orang yang selalu berusaha tepat waktu pada kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

(8) Apakah saya orang yang tahu betul apa yang harus dilakukan pada kegiatan yang diikuti baik untuk diri sendiri, pekerjaan, kekeluargaan, hobi, dan kegiatan lain?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x