Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Gurita Bisnis Cristiano Ronaldo

24 November 2022   18:38 Diperbarui: 28 November 2022   09:31 1384 77 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cristiano Ronaldo berfoto dengan salah satu sport car-nya. Selain ahli mencetak gol, Ronaldo juga memiliki berbagai bisnis. Sumber: Instagram/Cristiano Ronaldo via Kompas.com

Cristiano Ronaldo boleh jadi masih sebal dengan Manchester United (MU). Pasalnya, beberapa saat sebelum bekas klubnya itu merilis berita perpisahan dengannya, Ronaldo malah mengunggah foto-foto jam tangan mewah hasil kolaborasi dengan Jacob & Co. Menariknya, jam tangan yang dibanderol sekitar Rp 2.3 milyar itu bak meledek klub sepak bola berjuluk The Red Devils itu.  

Mau tahu kenapa? Perhatikan saja desain jam tangan yang dinamai "Flight of CR7 Baguette" itu. Jam tangan keren yang konon ikut didesain pesepak bola berjuluk CR7 itu menampilkan sundulan spektakulernya yang merobek gawang MU. Momen itu terjadi pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim 2012-2013, kala Ronaldo masih berkostum Real Madrid.

Cristiano Ronaldo, jam tangan dan sundulan terkenalnya. Sumber: IG @cristiano / www.dailymail.co.uk
Cristiano Ronaldo, jam tangan dan sundulan terkenalnya. Sumber: IG @cristiano / www.dailymail.co.uk
Cristiano Ronaldo dan Manchester United kini sudah resmi berpisah. Sebuah perpisahan yang tidak terelakkan pasca wawancara kontroversial CR7 dengan Piers Morgan, jurnalis selebritas Inggris. Kubu MU pun meradang. Dan dunia sepak bola ikut terhenyak dibuatnya.

Perpisahan yang disepakati kedua belah pihak tanpa kompensasi apapun itu membuat Ronaldo pun kehilangan pendapatan bernilai 16 juta pound. Itu besaran sisa kontraknya di MU yang dalam rupiah berkisar Rp 299 milyar. Fantastis, bukan? Meskipun demikian, Ronaldo tampaknya tidak risau sedikitpun.

Tidak mengejutkan jika CR7 tidak terlalu berharap dari gaji mingguannya di MU itu yang mencapai 515 ribu pound per minggu. Sang megabintang asal Portugal itu sejatinya sudah sangat kaya raya. Per November 2022, Ronaldo tercatat memiliki kekayaan sekitar 500 juta dolar AS. Hitung saja berapa nilainya dalam rupiah. Sekitar 7.8 trilyun rupiah!

Ronaldo memiliki hampir segalanya. Sumber: www.goalballlive.com
Ronaldo memiliki hampir segalanya. Sumber: www.goalballlive.com
Seperti diketahui, selain dari lapangan hijau, mantan striker Real Madrid dan Juventus itu juga maraup pemasukan besar dari berbagai sponsor pribadi, brand endorsement, dan sejumlah investasi bisnisnya yang kian menggurita. Dari bisnis perhotelan, restoran, pakaian, parfum, fitness center, hingga penyewaan pesawat jet pribadi.

Kolaborasinya dengan Jacob & Co, perusahaan perhiasan dan jam tangan mewah asal New York- AS, hanya salah satu kerjasama bisnis yang makin mempertebal koceknya. Koleksi jam tangan mewah yang diproduksi secara terbatas itu diyakini bakal laris manis diborong penggemarnya dari seluruh dunia. Ronaldo dan Jacob Arabo, pemilik Jacob & Co., kabarnya telah bersahabat baik sejak 20 tahun silam.

Flight of CR7 Baguette, jam tangan mewah yang ikut didesain Ronaldo. Sumber: www.jacobandco.com
Flight of CR7 Baguette, jam tangan mewah yang ikut didesain Ronaldo. Sumber: www.jacobandco.com

Gaji Ronaldo sebagai pesepak bola profesional memang masih di bawah Messi dan Mbappe, dua superstar yang merumput di PSG. Tetapi, tidak demikian jika dibandingkan dengan pendapatannya dari luar lapangan sepak bola. Di sisi ini, tak ada satupun pesepak bola yang bisa mengalahkannya. 

Ronaldo sendiri baru saja dinobatkan sebagai "The World's Most Marketable Athlete for 2022". Dan ini memang sesuai dengan nilai pasarnya yang sangat tinggi. Sederet perusahaan ternama dunia diketahui menjadi sponsor pribadinya. Sebut di antaranya, Nike, Herbalife, Armani, Tag Heuer, dan Clear Shampoo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan