Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Kembali ke Abad Pertengahan di Kota Bruges

14 Juli 2022   19:49 Diperbarui: 16 Juli 2022   15:00 845 67 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Market Square, alun-alun paling populer di Bruges. Sumber: dokumentasi pribadi

Nama Bruges boleh jadi belum setenar kota-kota ternama lainnya di Eropa. Namun, siapapun bakal takjub membaca data kunjungan wisatawan ke kota kecil ini. Kawasan pusat kotanya yang hanya didiami sekitar 19,500 penduduk itu kerap disesaki lebih dari 8.3 juta wisatawan saban tahun. Alhasil, pada tahun 2019 lalu, walikota Bruges pun terpaksa membatasi jumlah kapal pesiar per hari yang boleh bersandar di dermaga Zeebruge.

Bruges memang sebuah kota kecil yang sangat memesona. Lonely Planet, penerbit buku perjalanan terkenal, menyebut kota kecil ini sebagai "One of Europe's best preserved Medieval City." Salah satu kota Eropa dari abad pertengahan yang paling terjaga dengan baik.

Tidak salah. Melangkah masuk ke kota Bruges memang bak kembali ke era medieval. Jalan-jalan kecil di pusat kota tuanya banyak yang masih berlapis batu alam. Begitu pun deretan bangunan bersejarah dari abad pertengahan masih belum kehilangan pesonanya.

Bruges pun makin menawan dengan kanal-kanal yang melingkari pusat kota tuanya. Julukan sebagai "Venice of the North" pun ikut disandangnya. Persis sama dengan julukan Amsterdam, ibu kota Belanda, yang berada sekitar 250 km di utara kota cantik ini.

Kanal di kota Bruges. Sumber: dokumentasi pribadi
Kanal di kota Bruges. Sumber: dokumentasi pribadi

Bruges, atau Brugge (dalam bahasa Flemish) adalah ibu kota Provinsi Flanders Barat, Belgia. Secara geografis, kota ini berada di baratlaut Belgia, sekitar 102 km dari Brussels, ibu kota Belgia. Pusat kota Bruges pun hanya berjarak sekitar 14 km dari Zeebrugge, pelabuhan di Laut Utara yang menjadi pintu masuk utama ke Bruges.

Zeebrugge (Bruges at Sea) berperan penting bagi laju ekonomi kota Bruges. Zeebrugge Cruise Terminal melayani hampir 150 kapal pesiar setiap tahun. Tidak mengejutkan jika Anda akan kerap bersua dengan ribuan penumpang kapal pesiar di hari tertentu kala mengunjungi Bruges.

Wisatawan memadati sebuah jalan kecil di Bruges. Sumber: dokumentasi pribadi
Wisatawan memadati sebuah jalan kecil di Bruges. Sumber: dokumentasi pribadi
Seperti banyak kota tua lain di Eropa, cara terbaik menjelajahi kota Bruges adalah berjalan kaki. Murah dan pasti lebih sehat! Apalagi di kota kecil seperti Bruges. Sangat menyenangkan bagi semua pecinta jalan kaki. Dan jelas tidak banyak ruang tersedia bagi bus berukuran besar memasuki kota ini.

Bus-bus wisata yang makin banyak memasuki kota Bruges biasanya hanya mendekat hingga Bargeplein, yang berada di selatan kota. Sekitar 1.5 km ke pusat kota Bruges. 

Tetapi, jalan berliku menuju Market Square, yakni alun-alun utama di pusat kota, adalah suatu petualangan yang bakal sulit dilupakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan