Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Kala Kota Wina dan Maluku Utara Disebut yang Paling Bahagia

23 Januari 2022   11:49 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:40 4675 86 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karlskirche di Wina dan Danau Ngade Ternate-Maluku Utara. Sumber: dokumentasi pribadi

Kota Wina dan Provinsi Maluku Utara memang terpisah jauh. Jarak antara ibu kota Austria itu dan Ternate, misalnya, terbentang sekitar 11.468 km. Namun, dalam urusan kebahagiaan, keduanya memiliki kesamaan. Sama-sama baru saja dinobatkan sebagai Kota Paling Bahagia di Dunia dan Propinsi Paling Bahagia di Indonesia. 

Berdasarkan "The 2022 Healthy Lifestyle Cities Report" yang dipublikasikan lenstore.co.uk, Vienna atau Wina berada di posisi pertama sebagai kota dengan rating tertinggi untuk hidup sehat dan berbahagia. Berada di atas kota-kota ternama lainnya, seperti Dubai, Copenhagen, Frankfurt, Amsterdam, Helsinki, Berlin, Stockholm, Fukuoka dan Jenewa.

Tidak berbeda jauh dari laporan di atas, sebuah survei lain bertajuk "The Expat Insider Guide" yang dirilis di penghujung tahun lalu ikut memperkuat posisi kota indah di Eropa Tengah itu. Inilah sebuah survei dari InterNations, sebuah komunitas internasional terbesar di dunia, yang terdiri dari 4.3 juta expatriate di seluruh dunia.

Survei yang melibatkan lebih dari 12,000 expat di 186 negara itu menempatkan Wina di peringkat pertama sebagai "Top Cities to Live in 2022". Dengan kata lain, Wina didapuk sebagai kota yang paling layak huni dan pindah ke sana bagi para expat. Frasa "Kota Paling Layak Huni" kurang lebih sama dengan frasa "Kota Paling Bahagia".

Natural History Museum - Wina, Austria. Sumber: dokumentasi pribadi
Natural History Museum - Wina, Austria. Sumber: dokumentasi pribadi
Kemenangan Wina memang mudah dimengerti. Wina yang dijuluki "Ibu kota Musik Klasik di Eropa" itu memang telah lama diakui sebagai salah satu kota terbaik di dunia. Bukan hanya wisatawan yang selalu tepikat ke sana, banyak kalangan ekspatriat pun bermimpi tinggal dan berkarir di kota ini.

Dibandingkan banyak kota global lainnya, Wina memiliki sederet keunggulan. Sebut misalnya, di kategori biaya hidup. Wina tidak semahal kota-kota seperti Paris, Zurich, New York, Hong Kong, Osaka dan banyak kota ternama lainnya. Biaya hidup di Wina, contohnya, disebut sekitar 32.44% lebih murah dari New York-AS.

Selain itu, kota yang memiliki tingkat kriminalitas sangat rendah ini pun memiliki infrastruktur berkelas. Sistem transportasi di dalam kota maupun antar kota sangat bagus. Apalagi posisi Wina yang begitu strategis di tengah Eropa. Warga kota ini pun dengan mudah menjangkau banyak kota besar lain di sekitarnya.

Istana Schonbrunn di Wina. Sumber: dokumentasi pribadi
Istana Schonbrunn di Wina. Sumber: dokumentasi pribadi
Tidak itu saja, kehidupan budaya di bekas ibu kota kekaisaran Habsburg inipun telah terkenal sejak dulu. Sebagai kota kelahiran musisi ternama seperti Schubert, Johan Strauss I dan Brahms, Wina memiliki banyak ruang konser kelas satu yang rutin menampilkan karya komposer terkenal dari negeri ini.

Begitupun dengan deretan istana, gereja, museum, dan galeri yang bertebaran di kota ini. Arsitektur dari semua bangunan bersejarah ini pun selalu menuai puja-puji dari jutaan wisatawan yang mengalir masuk ke kota ini setiap tahun.

Dan tentu saja, sebagai pusat pemerintahan, keuangan dan pendidikan dari salah satu negara terkaya di dunia ini, kota Wina pun memiliki reputasi sebagai salah satu kota yang sangat bersih di Eropa. Sebuah kota yang nyaman dengan banyak taman nan hijau.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan