Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Tanjung Bongo, Miniatur Raja Ampat dari Halmahera Utara

13 Desember 2021   10:24 Diperbarui: 14 Desember 2021   22:13 3186 91 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanjung Bongo, Miniatur Raja Ampat. Sumber: dokumentasi pribadi

Halmahera memang menakjubkan. Pesona wisata di pulau terbesar di Kepulauan Maluku itu tersebar di mana-mana. Dari pulau cantik, danau indah, teluk menawan, hingga tanjung jelita. Dan belum lama ini, sebuah destinasi wisata anyar kembali mencuat dari bumi Halmahera. Itulah Tanjung Bongo yang sedang hits! 

Tanjung Bongo terletak di desa Pune, Kecamatan Galela, Halmahera Utara. Galela sendiri selama ini lebih dikenal dengan Danau Galela sebagai destinasi wisata andalan untuk memikat wisatawan. Namun, daya tarik danau terbesar di pulau Halmahera itu belum cukup mengangkat reputasi kecamatan ini.

Tidak mengherankan, kehadiran Tanjung Bongo pun disambut dengan sangat antusias. Bahkan demi mengangkat namanya, pada akhir November 2018 silam, acara tahunan dari Pemda Halmahera Utara bertajuk "Festival Wonderful Halmahera Utara" pun dipusatkan di Tanjung Bongo.

Tanjung Bongo yang menawan hati. Sumber: dokumentasi pribadi
Tanjung Bongo yang menawan hati. Sumber: dokumentasi pribadi
Tanjung Bongo sendiri sejatinya belum lama dikenal di pentas pariwisata nasional. Menurut seorang warga lokal, destinasi wisata ini paling lama baru mulai didatangi wisatawan sekitar tiga tahun lalu. Padahal lokasinya begitu dekat dengan pelabuhan Soa Sio - Galela.

Posisinya yang agak tersembunyi di balik gugusan pulau karang itulah yang boleh jadi membuatnya tidak terdeteksi pelancong manapun selama ini. Bahkan sampai saat ini pun, akses ke destinasi wisata menawan ini hanya bisa dicapai dengan perahu ketinting.

Meningkatnya pamor Tanjung Bongo bak mengikuti jalur yang sama seperti destinasi wisata lainnya di tanah air. Setelah foto-fotonya yang indah tersebar luas di media sosial, nama Tanjung Bongo kian menanjak. Wisatawan lokal pun mulai mengalir ke sini. As always, everyone wants to be the first! :)

Tanjung Bongo yang kian populer. Sumber: dokumentasi pribadi
Tanjung Bongo yang kian populer. Sumber: dokumentasi pribadi
Dengan lokasinya yang relatif dekat dari pusat kota Soa Sio, ibu kota Kecamatan Galela, Tanjung Bongo dengan cepat menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Halmahera Utara. Dari Tobelo, ibu kota Kabupaten Halmahera Utara, Tanjung Bongo pun bisa dicapai dalam waktu hanya 45 menit.

Perahu-perahu ketinting selalu siap di tepi pantai dekat pelabuhan Soa Sio. Inilah pintu masuk utama ke sana. Anda bisa menyewa perahu kecil ini dengan dua puluh ribu rupiah per orang untuk pergi-pulang. Tanjung Bongo pun bisa dicapai dalam waktu kurang dari 10 menit. Tidak jauh, bukan?

Dengan perahu ketinting ke Tg. Bongo. Sumber: dokumentasi pribadi
Dengan perahu ketinting ke Tg. Bongo. Sumber: dokumentasi pribadi
Namun, perjalanan singkat ini meninggalkan kesan yang sulit dilupakan dalam waktu lama. Perjalanan menuju ke Tanjung Bongo menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Dari birunya laut sebelum memasuki gugusan pulau karang hingga berubah ke warna toska ketika perahu merapat ke arah dermaga Tanjung Bongo. Fantastic!

Sebagai sebuah destinasi baru, Tanjung Bongo telah dilengkapi berbagai fasilitas. Dari dermaga hingga jembatan kayu yang menghubungkan satu pulau karang dengan pulau karang lainnya. Beberapa pondok kayu juga ikut dibangun. Ideal bagi keluarga yang hendak berpiknik ke sini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan