Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Wisata Religi di Bukit Sibea-bea

9 November 2021   19:11 Diperbarui: 10 November 2021   13:50 27261 84 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Patung Yesus di Bukit Sibea-bea yang sedang dibangun. Sumber: Dokumentasi pribadi

Patung Yesus berukuran besar ada di mana-mana. Dari kota Rio de Janeiro- Brazil hingga Makale di Tana Toraja, Indonesia. Dan kini sebuah Patung Yesus kembali dibangun di sebuah lokasi dengan panorama fantastis ke arah Danau Toba. Inilah salah satu destinasi wisata religi paling gres di Danau Toba, Sumatera Utara. 

Bukit Sibea-bea yang berlokasi di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara boleh jadi belum banyak dikenal. Bahkan hingga kini pun biro perjalanan wisata di Indonesia masih belum memasukkannya ke paket wisata ke Danau Toba. 

Selain akses ke destinasi ini relatif masih sulit bagi bus berukuran besar, Bukit Sibea-bea sejatinya belum resmi dibuka.

Atraksi utama di puncak bukit ini, yakni sebuah Patung Yesus Kristus setinggi 61 meter masih dalam proses konstruksi. Namun, kabar keindahan kawasan ini telah santer terdengar dalam setahun terakhir. 

Banyak wisatawan lokal pun mulai mengalir ke sini. Dan bisa dipastikan, kawasan wisata ini bakal menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di provinsi Sumatra Utara.

Bukit Sibea-bea berada di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Dari Sidikalang sekitar 66 km atau sekitar 1.5 jam perjalanan. Jalan Raya Dolok Sanggul-Sidikalang (W. Trans Sumatera Highway) cukup mulus. Namun, setelah berbelok di Simpang Tele, jalan menuju lokasi pun dihiasi banyak kelokan tajam.

Panorama di sekitar Bukit Sibea-bea. Sumber: Dokumentasi pribadi
Panorama di sekitar Bukit Sibea-bea. Sumber: Dokumentasi pribadi
Rute perjalanan menuju Sibea-bea juga akan melewati Menara Pandang Tele, salah satu objek wisata yang sudah lebih dahulu dikenal di kawasan ini. Dan tidak terlalu jauh dari jembatan Aek Tano Ponggol, satu-satunya jembatan yang menghubungkan daratan Sumatra dengan Pulau Samosir.

Bukit Sibea-bea memang berada di sisi barat dari Danau Toba. Berbeda dengan Parapat yang terletak di sisi timur Toba yang sudah lama populer. Kini wilayah di sebelah barat Toba sepertinya mulai digenjot. Selain konstruksi jembatan baru di Tano Ponggol, beberapa destinasi wisata di sisi barat ini makin dilirik banyak wisatawan.

Destinasi wisata Bukit Sibea-bea, misalnya, kini tampil bak bintang yang sedang mengorbit. Dari waktu ke waktu makin ramai saja dikunjungi. Begitu pula destinasi wisata Bukit Holbung yang tidak kalah memesona. Keduanya berlokasi di area yang sama. Dan bila jembatan modern Tano Ponggol selesai dibangun, sisi barat Toba diperkirakan bakal kian melejit.

Sebagai sebuah destinasi wisata baru, prospek Sibea-bea sangat menjanjikan. Selain pesona Patung Yesus yang berdiri megah di puncak bukit, panorama alam di sekitar Sibea-bea juga sangat menakjubkan. Mulai dari kaki bukit hingga ke puncaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan