Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Ha Long Bay, Untaian Mutiara di Teluk Tonkin

26 Oktober 2021   10:37 Diperbarui: 27 Oktober 2021   00:30 597 64 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suatu pagi di Teluk Ha Long- Vietnam. Sumber: dokumentasi pribadi

Industri pariwisata Vietnam terus melaju kencang dari waktu ke waktu. Satu dekade lalu, Negeri Paman Ho ini boleh jadi masih dianggap anak bawang di ASEAN. Namun, Vietnam kini tidak lagi dipandang sebelah mata. Simak saja deretan angka turis yang melancong ke negeri ini dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2019, misalnya, Vietnam sudah menerima sekitar 18 juta wisatawan.

Bahkan di ajang World Travel Awards 2021 belum lama ini, Vietnam dinobatkan sebagai Asia's Leading Destination 2021. Suatu pencapaian yang mengagumkan mengingat persaingan yang begitu ketat di kategori prestisius ini.

Tidak itu saja. Vietnam juga sukses menempatkan Ha Long Bay, destinasi wisata yang paling diandalkannya, sebagai pemenang di kategori top lainnya, yakni Asia's Leading Tourist Attraction 2021. Tak pelak lagi, nama Vietnam pun kian moncer di pentas pariwisata global.

Ha Long Bay memang telah lama menjadi salah satu destinasi paling populer di Vietnam. Selain telah meraih status sebagai UNESCO World Heritage Site sejak tahun 1994, Ha Long juga telah ditetapkan sebagai satu dari New Seven Natural Wonders of the World.

Kapal-kapal sedang berlabuh di Ha Long. Sumber: dokumentasi pribadi
Kapal-kapal sedang berlabuh di Ha Long. Sumber: dokumentasi pribadi
Apalagi andalan negara di Semenanjung Indochina itu pun pernah mendapat publikasi luas ketika muncul dalam film Kong: Skull Island, Tomorrow Never Dies dan banyak film lainnya. Tomorrow Never Dies adalah salah satu film James Bond yang dibintangi Pierce Brosnan dan sangat sukses di pasar.

Ha Long Bay (Teluk Ha Long) terletak sekitar 170 km dari Hanoi, ibukota Vietnam. Perjalanan dimulai melalui darat sekitar 3.5 jam untuk mencapai kota Ha Long. Selanjutnya diteruskan menggunakan kapal-kapal kayu yang banyak memadati pelabuhan di kota itu.

Namun, tidak semua wisatawan yang ke Ha Long Bay melalui kota Hanoi. Banyak juga yang mengunjungi teluk indah ini dengan kapal-kapal pesiar internasional yang juga mengunjungi Ha Long. Beberapa paket kapal pesiar ternama memang memiliki rute ke destinasi wisata terkenal ini.

Salah satu kapal penumpang di Ha Long. Sumber: dokumentasi pribadi
Salah satu kapal penumpang di Ha Long. Sumber: dokumentasi pribadi
Di antaranya, Diamond Prince Cruise, Azamura Cruise, Celebrity Cruise, Holland America Line, Seabourn Cruises, dan lain-lain. Tentu saja, Halong sendiri juga memiliki beberapa kapal kayu besar dengan layanan layaknya kapal pesiar mewah, seperti Victory Star Cruise, dan lain-lain.

Terletak di utara Vietnam, Ha Long berada di dalam area Teluk Tonkin yang dekat perbatasan dengan China. Yang menarik, jumlah persis pulau-pulau yang tersebar di kawasan seluas 1,553 km persegi ini bak sebuah misteri. Tidak ada angka yang sama.

Situs UNESCO, misalnya, menyebut sekitar 1,600. Sedangkan dikutip dari Eyewitness Travel Guide: Vietnam terdapat lebih dari 2,000 pulau di Teluk Ha Long. Dari jumlah tadi, hanya 980 pulau yang sudah diberi nama. Selebihnya, masih tanpa nama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan