Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Patung-patung yang Mendunia

9 Oktober 2021   10:59 Diperbarui: 9 Oktober 2021   13:01 1445 82 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kolase beberapa patung terkenal di dunia. Sumber: dokumentasi pribadi

Sebagai sebuah karya seni, patung memiliki pesona tersendiri. Apalagi patung dengan ukuran spektakuler. Ataupun yang memiliki sejarah yang panjang. Jadilah, sebagian patung pun dikenal sebagai ikon sebuah kota. Bahkan banyak di antaranya yang selanjutnya menjadi destinasi wisata yang sangat populer.

Di berbagai belahan dunia, kita bisa menemukan banyak patung dalam berbagai gaya, ukuran, dan sebagainya. Baik patung dari tokoh sejarah terkemuka, patron di bidang agama yang dihormati, hingga figur dalam berbagai mitologi.

Tidak jauh dari kota Kairo atau persisnya di Dataran Giza, wisatawan yang berkunjung ke kompleks Piramida Agung Giza tidak hanya terpesona dengan deretan piramida raksasa yang berdiri di situ. 

Sebuah patung Sphinx berbentuk kepala manusia dan berbadan singa pun membuat mereka terpukau.

The Great Sphinx of Giza, yang terbuat dari satu batu kapur utuh itu, memang tidak kalah menakjubkan. 

Dari bukti arkeologi, patung monumental ini diyakini dibangun pada sekitar tahun 2500 SM di masa Firaun Khafre dari zaman Mesir Kuno. Sphinx itu sendiri konon melambangkan sosok sang firaun terkenal itu.

Patung Sphinx, Giza- Mesir. Sumber: musik animal/wikimedia
Patung Sphinx, Giza- Mesir. Sumber: musik animal/wikimedia
Tidak hanya patung kuno yang sukses menarik wisatawan. Patung-patung di era modern pun sanggup menyedot jutaan wisatawan mengunjunginya setiap tahun. Contoh paling mutakhir berada di salah satu kota paling terkenal di Negeri Paman Sam Amerika Serikat (AS).

Di Teluk Upper New York, sebuah pulau dan patung dengan nama yang sama telah lama menjadi destinasi wisata nomor satu di kota terbesar di Pantai Timur AS itu. Itulah Statue of Liberty yang berdiri anggun di atas Liberty Island.

Dengan bentuk patung yang mengangkat obor di atas kepalanya, patung kolosal setinggi 46 meter itu pun menjadi ikon kebebasan di AS. Patung itu bak menyambut semua pendatang yang baru masuk ke kota pelabuhan New York. 

Pada masa lalu, New York memang merupakan salah satu pintu masuk utama bagi pengunjung dan imigran dari Eropa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan