Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Oktoberfest dan Pesta yang Tertunda

27 September 2021   10:16 Diperbarui: 27 September 2021   20:49 458 63 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Oktoberfest dan Pesta yang Tertunda
Prost! Our hearts for Oktoberfest. Sumber: Verein Munchner Brauereien e.v / www.oktoberfest.de

Oktober sudah di ambang pintu. Sebentar lagi lembaran kalendar kembali bergulir. Dari September ke Oktober. Namun, sama dengan tahun 2020 lalu, pecinta bir di Munich dan seluruh dunia kembali harus patah hati. Festival Bir paling terkenal di dunia, yakni Oktoberfest di kota Munich- Bavaria sekali lagi telah dibatalkan.

Oktoberfest 2021 sendiri seharusnya telah dimulai pada 18 September 2021 lalu. Festival minum bir di Munich- Jerman ini telah lama dirindukan. Dua tahun sudah. Akan tetapi, tahun inipun tidak ada kucuran bir dari berbagai Biergarten ke gelas-gelas berukuran jumbo bagi semua pecinta bir di negaranya Angela Merkel itu.

Tidak hanya di Munich, festival minum bir di berbagai kota dan negara lain pun ikut dibatalkan karena situasi pandemi ini. Selain di Munich, festival bir pun dikenal di Stuttgart dan Berlin. Di Stuttgart, kota asal mobil Mercedes-Benz ini, ada Volksfest yang kerap dilabeli sebagai Stuttgart Beer Festival.

Suatu pemandangan yang sama di berbagai festival. Foto ini di paviliun Paulaner di Oktoberfest. Sumber: Sebastian Lehner / www.oktoberfest.de
Suatu pemandangan yang sama di berbagai festival. Foto ini di paviliun Paulaner di Oktoberfest. Sumber: Sebastian Lehner / www.oktoberfest.de
Sedangkan di Berlin, ibu kota dan kota terbesar di Jerman, pecinta bir biasanya membanjiri Berlin Beer Week yang diadakan di awal September maupun International Berlin Beer Festival yang biasanya digelar pada akhir pekan pertama di awal Agustus. Dalam skala berbeda, kota-kota lain pun memiliki festival yang hampir sama.

Festival bir juga dikenal di banyak negara lain. Di antaranya, Belgium Beer Weekend di Brussels-Belgia; Czech Beer Festival di Praha dan Pilsner Fest di Pilsen-Ceko; Great British Beer Festival di London-Inggris, dan lain-lain. Festival yang sama juga bisa ditemukan di Amerika dan Kanada.

Great British Beer Festival di London yang juga dibatalkan tahun ini. Sumber: www.beertoday.co.uk
Great British Beer Festival di London yang juga dibatalkan tahun ini. Sumber: www.beertoday.co.uk
Sementara itu, di benua Asia, seakan mengikuti tradisi di Eropa, nama kota Qingdao di China juga populer dengan Qingdao International Beer Festival. Dan meskipun tidak ada festival semacam ini di Indonesia, setidaknya Oktoberfest pun biasanya ikut dirayakan di Paulaner Brauhaus Jakarta. Satu-satunya microbrewery asal Munich yang beroperasi di ibu kota ini.

Betapapun, dari semua festival bir yang ada di seluruh dunia, pamor Oktoberfest tidak tertandingi. Dan meskipun menyandang nama Oktoberfest, tidak berarti festival ini hanya berlangsung di bulan Oktober. Sejatinya, Oktoberfest telah berlangsung sejak pertengahan September sampai awal bulan Oktober.

Pengunjung ke Oktoberfest sebelumnya. Sumber: www.oktoberfest.de
Pengunjung ke Oktoberfest sebelumnya. Sumber: www.oktoberfest.de
Tahun 2021 ini, misalnya, Oktoberfest telah dijadwalkan dimulai pada tanggal 18 September dan baru berakhir pada tanggal 3 Oktober 2021. Persis pada hari Minggu pertama di bulan Oktober. Dengan durasi sekitar 16-18 hari, festival ini rata-rata menarik lebih dari 6 juta pengunjung dari seluruh dunia.

Oktoberfest adalah festival bir terbesar di dunia. Jauh lebih populer dibandingkan festival bir lainnya. Selain itu, juga dikenal sebagai salah satu festival tertua yang telah berlangsung sejak tahun 1810. 

Sedangkan festival bir tertua sendiri adalah Bergkirchweih. Festival di kota Erlangen ini, sekitar 189 km di utara Munich, memiliki festival bir sejak tahun 1755.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan