Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Kreatif dengan Fotografi Refleksi

1 September 2021   10:38 Diperbarui: 1 September 2021   15:19 878 101 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kreatif dengan Fotografi Refleksi
Kolase foto-foto refleksi dari berbagai destinasi. Sumber: Dokumentasi pribadi

Tidak salah jika ada yang bilang seni fotografi selalu menawarkan sejuta peluang untuk menghasilkan foto-foto kreatif. Baik dari berbagai sudut komposisi yang menawan, maupun aneka kreativitas lainnya yang menghasilkan foto yang unik dan menarik. Salah satu di antaranya yang layak dicoba adalah fotografi refleksi.

Fotografi refleksi adalah sebuah karya foto yang selalu sedap dinikmati. Sebuah foto yang menampilkan pantulan indah dari sebuah subjek foto di atas permukaan air. 

Sebuah kreasi foto yang makin banyak diburu para fotografer. Tidak hanya di lingkungan penyuka fotografi lanskap, tetapi juga di berbagai genre fotografi lainnya.

Jadi seperti apa sebetulnya sebuah foto refleksi? 

Sejatinya, fotografi refleksi bisa meliputi foto apa saja selama memanfaatkan berbagai macam media sebagai alat refleksi. Mulai dari permukaan air (danau, sungai, laut, laguna), kaca (gedung, jendela), cermin, kacamata, spion, dan bahkan layar sebuah smartphone.

Istana Alhambra- Granada, Spanyol. Menara istana terpantul indah di sebuah kolam di tengah istana. Sumber: Dokumentasi pribadi
Istana Alhambra- Granada, Spanyol. Menara istana terpantul indah di sebuah kolam di tengah istana. Sumber: Dokumentasi pribadi
Bagi pemburu foto wildlife, boleh jadi sebuah foto refleksi dari seekor singa yang sedang minum air di tepi danau. Sedangkan seorang penyuka foto cityscape, mungkin saja membidik bayangan gedung tinggi di dinding kaca gedung lainnya. Dan tentu saja, tidak ketinggalan para pehobi foto lanskap. Pilihan foto refleksi pun sangat banyak tersedia di alam sekitarnya.

Di negeri tercinta Indonesia, misalnya, banyak pemburu foto sangat menyukai foto arsitektur dari sebuah masjid yang dibidik dari kolam yang ada di depannya. Atau foto-foto pohon, perahu, dan sebagainya di sebuah situ (danau) dengan permukaan air yang tenang. Dan itu pula yang juga dilakukan penulis dalam berbagai perjalanan.

Suatu pagi yang indah di Situ Gunung-Sukabumi. Sumber: Dokumentasi pribadi
Suatu pagi yang indah di Situ Gunung-Sukabumi. Sumber: Dokumentasi pribadi
Di suatu pagi yang sejuk di Situ Gunung- Sukabumi, permukaan air yang begitu indah bak cermin memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat pagi dan pemburu foto lanskap. Betapa tidak, deretan pohon yang ikut menyambut cahaya pagi yang baru muncul itu seakan sedang memamerkan pesonanya di atas permukaan air.

Sementara di sudut lain situ (danau) yang indah ini, aktivitas warga di atas sebuah rakit bambu bak menyatu dengan alam di sekitarnya. Sebuah panorama alam yang memesona pun tercipta. Suatu paduan antara manusia dan alam yang selalu digemari para pelukis alam.

Getek bambu di Situ Gunung-Sukabumi. Sumber: Dokumentasi pribadi
Getek bambu di Situ Gunung-Sukabumi. Sumber: Dokumentasi pribadi
Namun demikian, tidak semua foto refleksi bisa ditemukan semudah di Situ Gunung. Kadang Anda harus bergerak dan menemukannya sendiri. Berjalan sedikit lebih jauh dan mencoba memotret dari sudut bidik berbeda. Itulah yang penulis lakukan di pagi indah lainnya di kampung Berua, Rammang Rammang - Sulawesi Selatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan