Mohon tunggu...
Tonny Syiariel
Tonny Syiariel Mohon Tunggu... Lainnya - Travel Management Consultant and Professional Tour Leader

Travel Management Consultant, Professional Tour Leader, Founder of ITLA

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Final Euro 2020, "Torn Between Two Lovers"

9 Juli 2021   08:30 Diperbarui: 9 Juli 2021   08:33 494 67 33 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Final Euro 2020, "Torn Between Two Lovers"
Italia vs Inggris di Final Euro 2020. Sumber: www.uefa.com

Kredo "Football is coming home" semakin kencang terdengar di seantero Inggris. Dari London hingga Manchester. The Three Lions, julukan Tim Nasional Inggris, akhirnya sukses menembus final Euro 2020. Tidak jauh berbeda dengan Inggris, pendukung Gli Azzuri pun sedang sumringah. Dari Roma hingga Milan seakan siap berpesta. Lalu, siapa jagoanmu di final?

Inilah pertama kali Inggris mencapai final di UEFA European Championship. Suatu penantian yang panjang. Tetapi, Inggris belum juara. Begitu pula Italia

Dan euforia yang berlebihan bisa menyakitkan, jika kalah. Seperti kata pepatah Inggris, "He who laughs last, laughs loudest". Dia yang tertawa terakhir akan tertawa paling keras.

Inggris memang tampil brilian sepanjang turnamen. Sejak babak penyisihan grup hingga mencapai semi final, gawang The Three Lions yang dikawal Jordan Pickford, kiper asal Everton, belum pernah kebobolan sama sekali. 

Adalah Mikkel Damsgaard, winger Denmark, yang akhirnya sukses menjebol gawang Inggris untuk pertama kali.

Skuad Timnas Inggris. Sumber: www.theathletic.com
Skuad Timnas Inggris. Sumber: www.theathletic.com
Jika kuat di sektor belakang, di sisi depan pun Timnas Inggris cukup tajam mengoyak jala lawan. Timnas yang dikapteni Harry Kane, striker asal Tottenham Hotspur dkk sukses menggelontorkan 9 gol ke gawang lawannya. Termasuk gol terakhir ke gawang Denmark di Semi Final.

Di seberang sana, Gli Azzurri, sebutan Timnas Italia, tidak kalah cemerlang. Di bawah asuhan Roberto Mancini, pasukan Italia tampil ciamik dan tidak terkalahkan. 

Bahkan Italia sudah tidak pernah menyentuh kekalahan sejak September 2018. Sampai pertandingan terakhir di Semi Final Euro 2020, Italia telah meraup 33 kemenangan tanpa kalah. Fantastico!

Frederico Chiesa, andalan Gli Azzurri. Sumber: AFP / www.bola.kompas.com
Frederico Chiesa, andalan Gli Azzurri. Sumber: AFP / www.bola.kompas.com
Sejatinya, tidak banyak yang menjagokan Gli Azzuri tampil di final. Dan banyak pula pengamat yang meragukan The Three Lions bisa melaju hingga final. 

Pasalnya, Inggris sendiri sudah pernah dua kali tersandung di babak semi-final di perhelatan Piala Eropa sebelumnya. Tetapi, kedua timnas inilah yang kini siap berlaga di final pada 12 Juli 2021 mendatang di Wembley Stadium - London.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN